6 Kesalahan Saat Berbisnis Online Yang Pernah Dialami Pemula

Bisnis Online
Bisnis Online Photo by Myriam Jessier on Unsplash

Kesalahan bisnis online sebenarnya bisa terjadi tidak hanya pada bisnis online tetapi juga pada bisnis lainnya. Melakukan bisnis adalah salah satu jenis pilihan bisnis yang paling populer di kalangan orang-orang. Selama anda serius, anda dapat menghasilkan keuntungan besar dan memulai bisnis dengan mudah. Peminat bisnis online sangat banyak dan anda bisa berbisnis melalui media online. Secara umum bisnis online ini seperti bisnis offline lainnya tetapi menggunakan aplikasi teknologi seperti media sosial, e-commerce dan lainnya yang membedakannya dari proses pemasaran dan penjualan.

Namun ada risiko di balik kemudahan dan keuntungan bisnis online. Risiko ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari kesalahan pemasaran atau kesalahan lainnya. Jadi sebagai pelaku bisnis online anda perlu mengetahui langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menghindari kemungkinan kesalahan dan apa yang mungkin menjadi penghambat kesuksesan bisnis online anda. Metode nya menganalisa bisnis online anda secara mendalam dan melihat bisnis online yang ada, itu dapat membantu anda menghindari kesalahan yang sama saat menjalankan bisnis online.

Apa saja kesalahan umum yang dilakukan pembisnis saat mengelola bisnis online? Berikut penjelasannya:

Daftar Isi 6 Kesalahan Saat Berbisnis Online 

Table of Content (toc)

1. Tidak konsisten

Anda memang harus merencanakan dengan matang saat menjalankan bisnis online. Namun hal ini sering diabaikan oleh para pembinis online dimana mereka seringkali enggan untuk melaksanakan rencananya atau sering tidak konsisten. Kesalahan yang dilakukan saat berbisnis online dapat menimbulkan frustasi apalagi dalam bisnis online dimana persaingannya sangat ketat dibandingkan dengan bisnis offline. Kegagalan untuk menjalankan rencana yang konsiten dapat mengakibatkan tertinggal dalam proses persaingan transaksi bisnis online tersebut. Jadi, jika anda tidak konsisten melakukan semua rencana yang sudah ditentukan diawal, misalnya tidak melakukan pemasaran melalui media sosial secara berkala mengakibatkan anda tertinggal dari pesaing bisnis yang sama.

2. Strategi yang tidak tepat

Kesalahan yang disebabkan oleh strategi yang tidak tepat tersebut seperti kesalahan dalam memilih media online untuk pemasaran penjualan dan transaksi lainnya. Memilih media online dengan cara apa pun yang tidak meningkatkan peluang untuk membidik calon pelanggan secara tertarget. Selain itu kesalahan strategi ini dapat terjadi selama pemasaran. Misalnya jika produk yang ditawarkan tidak memiliki informasi yang jelas konsumen tidak akan mempercayai produk tersebut.

3. Kurang dalam mengelola media online

Media online sebenarnya bisa digunakan untuk pemasaran penjualan atau transaksi lainnya. Media online yang digunakan dengan cara ini harus ditangani dengan baik untuk menghindari kesalahan saat menjalankan bisnis. Kesalahan dalam pengelolaan media sosial yang tidak baik seperti konten yang tidak menarik dan tidak kekinian (misalnya untuk generasi milenial) yang pada akhirnya akan mengarahkan konsumen untuk memilih berbelanja di tempat lain.

4. Kurang dalam mengikuti perkembangan

Untuk menjalankan bisnis online anda harus siap untuk tetap terhubung dengan kemajuan teknologi yang berkembang di Internet. Kesalahan sering dilakukan ketika berbisnis dengan cara ini karena bisnis online sangat nyaman mempercayai salah satu media online dan tidak mau menambah media online lainnya untuk meningkatkan pemasaran bisnisnya. Jadi jika pembisnis online tidak mengikuti setiap perubahan atau tren di dunia teknologi digital, mereka akan tertinggal dari pesaing mereka.

5. Tidak memberikan pelayanan yang baik

Ketika mereka melakukan bisnis online, pasti mereka melakukan kegiatan pemasaran atau transaksi lainnya melalui online. Untuk jam kerja berbeda dari bisnis offline disebabkan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Dalam bisnis online pelanggan dapat berkomunikasi 24 jam sehari di luar jam kerja. Oleh karena itu pembisnis harus mahir dalam memberikan pelayanan yang baik seperti memberikan informasi jam kerja yang baik dan memberikan umpan balik segera. Ini akan memudahkan pelanggan dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

6. Mudah berputus asa

Saat berbisnis online kesalahan yang dapat membahayakan kelangsungan bisnis anda yaitu mudah berputus asa atau tidak kuat mental jika mengalami kegagalan atau bisnis nya terhambat. Namun perlu diingat bahwa orang-orang dalam bisnis online perlu belajar dari kesalahan ini dan menyadari tindakan yang akan diambil di masa depan. Sehingga tidak terulang Kembali.

Beberapa kesalahan yang disebutkan di atas saat berbisnis online bisa menjadi pertimbangan bagi para pengusaha yang perlu ekstra hati-hati dan bisa menghindari kesalahan tersebut. Jika kesalahan ini dilakukan anda perlu segera memperbaikinya agar bisnis online yang dikelola dapat terus berkembang dan berdaya saing baik. Apakah anda sudah siap menajalankan bisnis online? Semangat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url