Wednesday, April 25, 2018

3 Kerugian Jika Dosen Asing Didatangkan Ke Indonesia

Beberapa hari yang lalu dunia pendidikan di Indonesia gempar ketika ada rencana pemerintah yang ingin mendatangkan Dosen Asing ke Indonesia dengan gaji yang fantastis sampai 65 juta. Ini menjadi tamparan keras bagi dosen terbaik bangsa yang mempunyai keahlian cemerlang namun penghasilannya tidak sampai segitu. Banyak yang mempertanyakan untuk apa mendatangkan Dosen Asing sedang di Indonesia ribuan Calon Dosen belum mendapatkan pekerjaan dan pemerintah setiap tahunnya mengirim mahasiswa ke Luar Negeri untuk menjadi dosen masa depan dan tenaga ahli. Untuk itu, pemerintah seharusnya mempertimbangkan kebijakan ini.
Foto via @pixabay.com
Kebijakan ini akan baik jika pemerintah tetap memperhatikan kerugian dari kebijakan ini jika masih bersikukuh untuk impor Dosen Asing:

1. Hasil Penelitian Dibawa Ke Luar Negeri
Keistimewaan seorang dosen dapat melakukan penelitian di bidang sosial, ekonomi, hukum, Agama, Kehutanan, Pertahanan, Pendidikan dan banyak lagi yang dapat bermanfaat untuk Indonesia. Tapi itu akan berdampak kerugian jika hasil penelitian dibawa ke luar negeri dan dijadikan data untuk menghancurkan Indonesia, jadi pemerintah harus berhati-hati dan membuat kebijakan sehingga informasi tidak mudah bocor dan tidak digunakan sembarangan.  Alangkah baiknya jika hasil penelitian diterapkan atau dimanfaatkan hanya di Indonesia. Bukannya tidak percaya, namun ini hal yang sangat serius jika terjadi.

2. Gagal Transfer Ilmu Karena Tidak Bisa Berbahasa Indonesia
Kemampuan bahasa itu sangat penting untuk mengajar di Indonesia dan mentransfer  ilmu kepada mahasiswa dan dosen lokal. Jadi pemerintah harus mewajibkan dosen asing bisa berbahasa Indonesia dengan lancar sebelum datang ke Indonesia, apalagi dengan gaji yang fantastis. Jangan sampai selama di Indonesia tidak masksimal dan tidak sesuai dengan apa yang di harapkan. Seperti kita ingin mengajar di Amerika misalnya, harus bisa berbahasa Inggris karena bahasa itu sangat penting.

3. Kesempatan Berkarir Dosen Lokal Semakin Tipis
Ribuan mahasiswa lulusan S2 dan ratusan lulusan S3 yang ini menjadi dosen di perguruan tinggi di Indonesia sangat sulit, bahkan banyak yang tidak mempunyai kesempatan menjadi dosen dikarenakan kuota dosen di setiap universitas sangat terbatas. Sehingga jika memang pemerintah ingin mendatangkan dosen asing, jangan sampai lupa banyak calon dosen masa depan yang harus lebih diperhatikan. Berikan dosen lokal berkarir dan kesempatan melakukan penelitian untuk Indonesia.

Itulah 3 Kerugian Jika Dosen Asing Didatangkan Ke Indonesia yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Jika pembaca memiliki opini atau informasi terhadap isu dosen asing jika datang ke Indonesia bisa ditulis dikomen langsung.

Advertisements