Sunday, October 15, 2017

Cara Mudah Mendapatkan LoA Dari Universitas Luar Negeri

Cara mendapatkan LoA - LoA merupakan singkatan Letter of Acceptance. LoA adalah surat bukti telah diterimanya seorang calon mahasiswa pada salah satu program studi di salah satu Universitas baik dalam maupun luar negeri.
Foto: pixabay.com
Ada dua bentuk LoA yakni, unconditional dan conditional. LoA uncoditional menyatakan kita diterima di Unversitas yang mengeluarkan surat LoA tersebut tanpa syarat apapun, karena kita telah dinyatakan memenuhi seluruh persyaratan.
Sedangkan jika mendapat LoA conditional berarti masih ada beberapa syarat yang  harus dipenuhi pada saat masuk proses seleksi dan dapat dilihat pada website Universitas tujuan. Persyaratan yang biasanya belum terpenuhi seperti GMAT, ILTS, TOEFL atau GRE.

Keuntungan Mendapat LoA
Pada proses seleksi beasiswa LoA akan menunjukkan kesiapan kita untuk segera kuliah dan tanda telah diterima. LoA akan bermanfaat saat kita mengajukan proses beasiswa studi lanjut sebagai nilai tambah tanda kesiapan untuk lanjut studi sehingga peluang kita mendapatkan beasiswa lebih besar.

Cara Mendapatkan LoA
Tak jarang orang masih bingung bagaimana prosedur mendapatkan LoA. Mendapatkan LoA tidaklah gampang, ada beberapa proses yang harus kita lalui serta membutuhkan biaya.
Ada dua cara mendapatkan LoA yaitu dengan mendaftar ke website Universitas yang dituju atau melalui konsultan pendidikan untuk studi di luar negeri.
Cara mendapatkan LoA pertama, dengan mengisi formulir pendaftaran pada website Universitas tujuan. Buka website Universitas tujuan lalu cari bagian penyedia jurusan. Pilih jurusan yang anda minati. Sesi ini dapat anda temukan pada bagian study, department, dan degree.

Contoh :
Di University of Oxford : klik study, muncul pilihan jenis study. S2 biasanya masuk ke taught master, klik taught master. Ada course finder, anda bisa ketik jurusan yang dituju. Jika pilihan jurusan belum pasti, anda klik A-Z list courses. Karena nama jurusan pada setiap Universitas berbeda meski esensinya sama.

Selanjutnya klik jurusan yang anda minati, akan muncul daftar mata kuliah, nama pengajar, jenis tugas, lama studi, sampai persyaratan masuk jurusan. Contoh cara mendapatkan LoA pada University of Oxford klik jurusan TESOL.

Lanjutkan pencarian persyaratan melamar, waktu pembukaan lamaran, dan proses seleksi. Pada persyaratan akan ditemukan skor TOELF IBT, IELTS, atau GRE berapa minimal yang harus dipenuhi untuk calon mahasiswa, berapa banyak rekomendasi yang harus dikirim, dan lain sebagainya.
Pada bagian waktu pendaftaran cermati kapan pendaftaran mahasiswa baru dibuka dan ditutup. Pada bagian proses seleksi, akan ditemukan apakah ada sesi wawancara antara kampus dengan calon mahasiswa, ada tes lagi atau tidak dan lain-lain. Tahap selanjutnya klik aplication and selection, maka akan muncul beberapa persyaratan yang diminta.

Pada sesi berlabel klik admission, akan muncul semua hal tentang melamar ke Universitas. Cara mendapatkan LoA ini dilakukan jika tidak menemukan informasi tentang persyaratan di bagian jurusan. Jika masih belum menemukan informasi yang anda butuhkan, langsung saja kirimkan e-mail pada alamat yang tersedia.

Langkah terakhir, ikuti prosedur pada website dan lengkapi semua persyaratan yang diminta. Ada Universitas yang meminta calon mahasiswa mengirim lamaran melalui pos atau cukup upload online. Ada Universitas yang menerapkan biaya pendaftaran, namun ada juga yang tidak. Semua penjelasan ada di website, jika tidak ditemukan, kirimkan e-mail.

Cara mendapatkan LoA kedua, mendaftar melalui konsultan pendidikan, anda akan didampingi untuk mendaftar dan mendapat banyak kemudahan. Namun kita tetap harus memenuhi semua persyaratan yang diminta pada Universitas tujuan anda secara mandiri.

Konsultan akan memandu anda mendaftar setelah semua persyaratan sudah siap. Semua biaya pendaftaran gratis asalkan kita rajin konsultasi. Konsultan pendidikan besar banyak menggratiskan biaya untuk proses mendapatkan LoA namun ada juga yang tidak gratis. Contoh konsultan Indonesia IDP, SUN Education, Alfalink, Fullbright, dll.

Cara mendapatkan LoA dengan mendaftar pada website tujuan, melalui bantuan konsultan, berkunjung ke campus corner atau saat event pameran pendidikan. Apapun pilihan anda untuk mendapatkan LoA semua ada pada kualitas dan kesiapan anda secara individu. Untuk itu segera persiapkan seluruh persyaratan untuk mendapatkan LoA.

Advertisements