Saturday, October 14, 2017

Cara Menulis Essay Untuk Mendapat Beasiswa LPDP

Cara menulis essay bukan masalah untuk anda yang pernah kuliah, mengingat kebanyakan tugas kuliah berbentuk essay terutama ketika melakukan skripsi. Terlebih kemampuan menulis menjadi hal mendasar di dalam dunia pendidikan, berikut cara menulis essay untuk mendapat beasiswa LPDP.
Foto: pixabay.com
1. Fokus
Essay untuk beasiswa LPDP memiliki 2 pilihan tema, sukses terbesar dalam hidup dan kontribusi bagi Indonesia (kontribusi telah, sedang dan akan dilakukan). Jika ingin membuat essay kontribusi sebaiknya tetap fokus kepada keahlian yang dimiliki dan kontribusi apa saja yang sudah anda lakukan. Misalnya memiliki fokus dalam arkeolog, maka buatlah hal apa yang pernah anda temukan.
Sementara untuk sukses terbesar bisa dikaitkan ke dalam essay sebelumnya. Pastikan hanya membahas satu topik saja, selanjutnya bisa dikembangkan menjadi cita-cita yang anda ingin capai untuk Indonesia.
2. Susun Berdasar Urutan
Penulisan harus sesuai alur dari pendahuluan, masalah, isi, penyelesaian dan penutupan seperti yang kita jelaskan sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya pembaca tidak merasa lompat-lompat dan bagian ini menjadi sangat penting demi mendapat beasiswa LPDP.
3. Pendahuluan Menarik & Penutupan Mengesankan
Pendahuluan harus mendapat perhatian khusus, sebab hal ini yang menentukan essay anda akan di baca atau tidak. Percuma memiliki isi dan pembahasan yang bagus, namun pembaca sudah tidak ingin membacanya sejak awal. Begitu juga di bagian penutup harus di sertai kesimpulan yang dapat meyakinkan pembaca.
Sekarang kita akan mengenal cara menulis essay yang benar, dengan membuat urutan yang sesuai. Hal ini bertujuan untuk menghindari pembaca merasa loncat-loncat dan essay menjadi semakin menarik saat di baca.
4. Judul Menarik
Sebelum memulai membuat essay sebaiknya memilih judul yang menyita perhatian, selanjutnya jadi orang yang mengerti dan memahami bahasa. Anda bisa mencari beberapa sumber di dalam buku yang memiliki topik yang sesuai, sehingga hasil tulisan bisa seperti penulis profesional.
5. Analisa Essay yang Dibuat
Setelah menemukan sumber untuk membuat essay, maka lakukan analisa terhadap essay tersebut untuk mendapat kelebihan dan kekurangannya. Selanjutnya anda bisa menambahkannya di dalam essay yang dibuat, dengan banyak membaca essay orang lain akan memberi inspirasi anda dalam membuat essay.
6. Outline atau Kerangka
Supaya cara menulis essay lebih mudah anda bisa membuat outline terlebih dahulu, dengan memberi paparan detail setiap paragraph dan buat poin penting di setiap paragraphnya. Selanjutnya anda bisa mengekspor semua pertanyaan yang ada di pikiran, namun buat sesuai urutan dan pastikan memakai bahasa yang baku.
7. Pokok Masalah
Proses pengenalan pokok masalah yang akan di bahas harus terlihat semenarik mungkin, sehingga pembaca akan terus melanjutkan untuk membaca sampai selesai. Hal ini menjadi semakin sulit karena jarang sekali orang yang suka dalam membaca, oleh karena itu pokok masalah menjadi bagian penting dalam pembuatan essay.
8. Poin Outline Setiap Paragraph
Pastikan tidak keluar dari outline yang sudah anda buat sebelumnya, jadi harus sesuai dengan kerangka yang sudah ada jangan sampai keluar dari topik pembahasan. Hal ini bisa membuat pembaca menjadi bingung karena keluar dari topik yang ditentukan.
Ada baiknya pada setiap paragraph anda menyertakan argumen pribadi, dengan di sertai teori-teori dari orang yang memiliki kredibilitas. Teori ini bisa anda cari di dalam buku yang pembahasannya sesuai dengan topik atau bisa mencarinya di internet.
9. Penutup
Pada bagian penutup menjadi sangat penting, sebab baik atau buruk sebuah essay bisa langsung terlihat di bagian penutupnya. Oleh karena itu banyak orang yang menempatkan kesimpulan di bagian penutup, dengan membuat pembaca merasa yakin bahwa essay tersebut sudah melalui riset dan di dukung oleh para ahli di bidangnya.
10. Pemilihan Bahasa
Pilih penggunaan bahasa yang mudah untuk dipahami, sebab penggunaan bahasa yang sulit akan membuat pembaca menjadi malas untuk membacanya sampai habis. Selain itu essay yang mudah dipahami lebih mungkin direkomendasikan kepada orang lain.

Itulah cara menulis essay dengan alur yang sesuai dan pembahasan menarik, membuat peluang anda mendapat program beasiswa LPDP pemerintah semakin besar.

Advertisements