Saturday, October 21, 2017

Cara Menulis CV Untuk Beasiswa Luar Negeri

Cara menulis CV - Curriculum vitae merupakan suatu dokumen yang sering dijadikan persyaratan untuk bisa melamar beasiswa ke luar negeri. Hanya saja pembuatan CV ini sering menjadi halangan bagi mereka para pemburu beasiswa. Apabila CV yang dihadirkan terlalu sederhana biasanya seseorang di nilai kurang memiliki pengalaman. Apapun pengalaman yang anda miliki, maka anda bisa mencantumkannya pada Curriculum vitae yang anda buat.
Foto: pixabay.com
Oleh karena itu, anda perlu tahu cara menulis CV untuk beasiswa luar negeri supaya curriculum yang anda hasilkan di nilai memiliki kualitas. Inilah berbagai point penting yang harus ada dalam sebuah Curriculum Vitae yang penting untuk anda perhatikan.
1. IPK maupun prestasi akademik
Biasanya pemberi beasiswa akan melihat IPK anda. Jika IKP yang anda miliki masih di bawah rata-rata tentunya anda bisa menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi.
2. Sebuah hasil karya ilmiah yang pernah di publikasi
Biasanya pemberi beasiswa juga akan melihat apa saja karya ilmiah yang sudah anda publikasikan. Tentu saja hal tersebut untuk melihat seberapakah minat dan juga kompetensi yang anda miliki dalam suatu bidang.
3. Minat
Cara menulis CV yang lainnya yakni dengan mencantumkan apa saja kegiatan yang pernah anda ikuti. Terlebih lagi jika anda lengkapi dengan tahun saat menulis kegiatan itu, maka pemberi beasiswa pun nantinya bisa menilai pengalaman yang sudah anda lakukan.
4. Penelitian yang dilakukan
Cara menulis CV juga bisa anda lengkapi dengan menuliskan penelitian yang sedang anda lakukan. Bisa juga program yang sedang anda rintis bersama sahabat.
5. Prestasi lain yang menjadi penunjang
Biasanya para pemberi beasiswa akan melihat prestasi non akademis yang dimiliki oleh pelamar. Oleh karena itu, ada baiknya anda ikuti saja organisasi yang sedang anda minati.
6. Komitmen
Melalui CV, maka pemberi beasiswa bisa tahu apakah seseorang itu pernah mengikuti semacam magang ataukah belum, bekerja dalam kurun waktu tertentu dan lain sebagainya. Hanya dengan melihat rekapan tersebut, maka bisa terlihat komitmen anda saat melakukan sesuatu.
7. Menunjukkan kepribadian dan karakter
Biasanya karakter maupun kepribadian anda akan terlihat dari tampilan CV yang sudah anda buat. Sehingga para pemberi beasiswa pun bisa menilai anda dengan mudah. Jangan lupa juga lengkapi CV anda dengan foto setengah badan.
8. Kompetensi
Cara menulis CV untk beasiswa luar negeri juga bisa anda lakukan dengan mencantumkan hobi anda, latar pendidikan, kegiatan yang anda sukai bahkan juga kursus yang pernah anda ikuti. Karena itulah, apapun yang menjadi kompetensi anda bisa dicantumkan pada CV anda dengan format yang rapi, sudah terstruktur dan mudah untuk dipahami pembaca.
9. Relevansi CV dengan Tujuan
Mau semenarik apapun CV yang anda buat, tidak akan ada nilainya jika semua yang anda cantumkan tidak ada kaitannya dengan beasiswa yang akan anda lamar. Cara menulis CV yang anda buat tentunya tidak harus panjang yang terpenting menggambarkan diri anda dan bisa menunjukkan bahwa anda layak mendapatkan beasiswa.

Melengkapi Curriculum Vitae anda dengan berbagai point dalam cara menulis CV di atas dan dapatkan beasiswa yang anda inginkan. Karena bagaimanapun juga yang namanya mendapatkan beasiswa, anda harus memiliki prestasi tertentu yang dinilai lebih menonjol. Bisa juga pemberi beasiswa akan melihat apa saja pengalaman yang sudah anda dapatkan selama bekerja. Pastikan curriculum vitae yang sudah anda buat berkualitas sehingga memungkinkan anda untuk menerima beasiswa yang anda harapkan.

Advertisements