Friday, October 20, 2017

Cara Mendapatkan Recommendation Letter Untuk Beasiswa Luar Negeri

Recommendation letter adalah surat pribadi antara pemberi referensi dengan penyedia beasiswa. Surat rekomendasi biasanya diminta pihak penyedia beasiswa yang menginginkan surat rekomendasi, dikirim melalui amplop tertutup oleh pemberi referensi. Penggunaan masing-masing surat referensi tergantung tujuannya, berikut adalah jenis surat rekomendasi. 
Foto Letter of Recommendation: pixabay.com
Jenis–jenis surat rekomendasi
Recommendation letter adalah suatu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa dalam maupun luar negeri, biasanya institusi atau pemerintah mensyaratkan kita memiliki surat rekomendasi sebagai dokumen pendukung aplikasi beasiswa.
Secara umum recommendation letter berisi penjelasan mengenai diri anda. Kualifikasi yang anda miliki, dan seberapa besar penilaian pihak pemberi referensi terhadap potensi yang anda miliki yang dideskrisipsikan secara objektif.
1. Employment Recommendation
Recommendation letter ini ditujukan kepada atasan atau supervisor langsung yang melakukan penilaian atas kinerja anda di perusahaan atau institusi. Surat rekomendasi ini diberikan kepada anda yang sudah memiliki pengalaman bekerja.
2. Character reference
Surat  ini dibuat oleh tokoh terkenal, kerabat, atau teman terdekat yang memiliki hubungan personal dengan anda.
3. Academic recommendation
Recommendation letter ini biasanya diberikan oleh dosen atau guru yang menilai kemampuan akdemis/non akademis anda selama perkuliahan atau pembelajaran di institusi pendidikan.
Recommendation letter ini juga berisi tentang keaktifan anda berorganisasi, program kewirausahaan dan sebagainya yang dapat menjadi point rekomendasi.

Bagaimana mempersiapkan surat rekomendasi?
1. Berikan perkenalan pembuka tentang diri anda, jurusan anda, lulus atau angkatan tahun berapa, dan beberapa pengantar.
2. Persiapkan CV, Ijazah, Transkrip Nilai, dan Abstraksi Skripsi atau Tesis anda.
3. Persiapkan beberapa alasan yang relevan mengapa anda memerlukan surat rekomendasi tersebut.
4. Siapkan hal-hal mendasar yang terkait dengan bidang yang anda geluti sebelumnya dan bidang studi yang rencananya akan anda pilih.
5. Jika seorang dosen yang akan anda mintai surat rekomendasi terlalu sibuk, sebaiknya anda menawarkan diri pada dosen anda untuk mengonsep surat rekomendasi tersebut sehingga dosen anda hanya tinggal menandatangani saja.

Langkah-langkah mendaftar S2 di luar negeri
1. Tentukan dahulu bidang yang anda minati
Kita harus membuat rencana matang memilih jurusan yang paling tepat sesuai passion dan cita-cita kita.
2. Cari tahu tentang program S2 dari kampus yang anda minati
Berkunjung pada website kampus S2 di luar negeri dan dapatkan program-program apa saja yang tercantum pada jurusan yang anda minati.
3. Mengecek program/jurusan yang anda minati
Lihat struktur kurikulumnya, klaster riset, dosen pembimbing potensial, tim mengajar, publikasi, prospek kerja hingga alumni pada jurusan tersebut. Informasi ini juga bisa anda dapatkan pada melalui website atau bertanya langsung pada dosen jurusan tersebut.
4. Lihat persyaratan program
Segala persyaratan kita harus sering update melalui website resmi program. Cek persyaratan kualifikasi akademik, standar syarat IPK, sertifikasi bahasa asing (TOEFL), surat rekomendasi, esai, serta portofolio. Dan mungkin masih ada lagi persyaratan seperti ijazah dan trsnskrip nilai.
5. Mengetahui batas akhir pendaftaran
Kebanyakan kampus di luar negeri memiliki batas akhir pendaftaran. Seperti Amerika dan Kanada memiliki batas akhir pendaftaran bulan Januari. Inggris dan Eropa pada bulan Juli. Lebih baik anda mendaftar sedini mungkin sebelum batas akhir.
6. Kontak dosen atau atasan untuk surat rekomendasi
Kami sarankan surat rekomendasi anda sebaiknya dari dosen, ketua fakultas jurusan S1 anda atau bisa juga dari atasan tempat anda bekerja. Surat rekomendasi memang sebaiknya diberikan oleh orang yang tahu mendalam tentang diri kita.
7. Buatlah akun pendaftaran
Isi data diri, alamat rumah, alamat email, persyaratan esai dan proposal riset anda yang telah di scan dan kirim melalui email. Namun alangkah baik jika anda menanyakan terlebih dahulu apakah yang diminta dokumen fisik atau form pertanyaan  yang kita isi. Hal ini dapat anda ketahui saat pendaftaran akun.
8. Siapkan personal letter
Isinya adalah esai yang dapat kita pakai untuk pendaftaran beberapa program, anda hanya tinggal mengubah sesuai tujuan program. Jadi esai ini dapat kita masukkan ke akun juga. Dapat berupa dokumen fisik ataupun form pertanyaan.
9. Membayar biaya pendaftaran
Seluruh biaya pendaftaran adalah kebijakan kampus. Selanjutnya simpan jangan lupa untuk menyimpan bukti pendaftaran.
10. Tinggal menunggu hasil
Hasil dari pendaftaran yang telah anda lakukan dapat anda ketahui 2-12 minggu setelah daftar. Selalu ingat untuk mengecek email dan akun kita.
Recommendation letter yang ditulis oleh lembaga resmi umumnya lebih terpercaya dibanding surat rekomendasi yang ditulis oleh seorang teman. Itulah sedikit penjelasan mengenai surat rekomendasi dan contoh surat rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Advertisements