Thursday, October 12, 2017

Cara Membuat Paspor Terbaru Sampai Selesai Tanpa Calo

Cara membuat paspor tanpa calo – seperti kita ketahui saat melakukan perjalanan ke luar Negeri paspor merupakan dokumen paling penting, sebab paspor memiliki fungsi yang sama seperti KTP di luar Negeri. Namun masih banyak orang yang belum mengerti cara membuat paspor baru.
Foto Paspor: pixabay.com
Sebenarnya ada 2 cara membuat paspor anda bisa langsung datang ke kantor imigran atau bisa juga lebih dulu mendaftar melalui online. Maka anda bisa lebih dahulu mempersiapkan dokumen yang di butuhkan untuk membuat paspor, berikut ini cara membuat paspor terbaru sampai selesai tanpa calo atau perantara.
1. Syarat Membuat Paspor Online
Pada awalnya persyaratan harus discan dan diupload ke web imigrasi, namun saat ini anda cukup memasukkan data yang diperlukan saja. selanjutnya cukup membawa dokumen asli ke kantor imigran, sebagai proses verifikasi berkas. Berikut dokumen yang harus anda persiapkan.
2. WNI (warga Negara Indonesia) Dewasa
• KTP (kartu tanda penduduk) aktif
• KK (kartu keluarga)
• Akte Kelahiran
• Ijazh atau buku nikah atau akte nikah
3. WNI (warga Negara Indonesia) Anak
• KTP (kartu tanda penduduk) kedua orang tua
• KK (kartu keluarga)
• Akte Kelahiran
• Ijazh atau buku nikah atau akte nikah
4. Cara Membuat Paspor Online
Saat melakukan pendaftaran pembuatan paspor secara online ada beberapa langkah yang harus dilakukan, berikut tahapan prosesnya.
5. Buka Website imigrasi.go.id
Setelah halaman terbuka, pilih Layanan Publik, Layanan Online kemudian setelah halaman terbuka pilih Layanan Paspor Online. Setelah halaman Layanan Paspor Online terbuka pilih Pra Permohonan Personal, jika ingin menu lain anda bisa memilih menu lainnya.
6. Isi Formulir Pendaftaran
Isi biodata berdasarkan formulir yang diberikan, pastikan anda mengisi data dengan benar dan sudah sesuai kolom. Sementara untuk jenis paspor pilih Jenis Permohonan dan pilih paspor biasa. Sedangkan untuk Nomor Paspor Lama bisa dikosongkan, mengingat anda ingin mengajukan pembuatan paspor baru. Selanjutnya isi Kantor Imigrasi yang dekat dengan tempat tinggal, sebab anda harus mengunjungi kantor tersebut. Setelah semua filt sudah terisi, anda bisa pilih menu Lanjut.
7. Pembayaran
Pada halaman selanjutnya anda akan mendapat informasi mengenai Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan, bukti konfirmasi akan di kirim melalui email. Setelah itu anda bisa data ke kantor cabang Bank BNI dan membawa bukti konfirmasi permohonan.
Sekarang untuk pengajuan permohonan baru pembuatan paspor atau perpanjang, memerlukan 48 halaman. Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 355.000 dan biaya administrasi sebesar Rp 5.000, maka total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 360.000.
8. Verifikasi Pembayaran
Setelah melakukan pembayaran anda bisa kembali membuka website imigrasi.go.id kembali yang di kirim ke email, kemudian cukup memilih tanggal kapan berkunjung ke kantor imigran. Selanjutnya anda akan menerima bukti Tanda Terima Pra Permohonan, cetak dan bawa bukti ini ke saat datang ke kantor imigran.
9. Datang Ke Kantor Imigran
Pada tanggal yang anda tentukan bisa langsung datang ke kantor imigran dan pastikan mengenakan pakaian rapi. Kantor imigran biasanya buka dari pukul 07:00 WIB sampai 16:00 WIB. Ketika anda ke kantor imigran pastikan semua dokumen sudah di foto copy sebanyak 3 kali, serta bawa dokumen asli bila diperlukan.
10. Foto, Verifikasi Berkas, Pengambilan Biometrik dan Wawancara
Saat berada di kantor imigran anda akan mengantri untuk di wawancara, mengenai tujuan pembuatan paspor. Setelah itu foto akan di ambil bersama dengan proses verifikasi berkas, setelah itu surat pengambilan paspor akan di terima.
11. Pengambilan Paspor
Biasanya memerlukan 3 – 4 hari kerja sampai status permohonan selesai, jika ingin mengeceknya anda bisa melihatnya di website dengan memilih Status Pra Permohonan. Jika sudah selesai di sana akan tertera tanggal pengambilan paspor dan cara membuat paspor baru tanpa calo atau perantara selesai.

Jika anda memahami cara membuat paspor di atas dengan baik, maka pembuatan paspor baru menjadi lebih mudah dan efisien. Mengingat cara membuat paspor di atas tidak perlu bangun pagi untuk mengambil nomor antrian, sehingga tidak perlu khawatir bila batas pengajuan permohonan pembuatan paspor penuh.
Cara membuat paspor online ini yang perlu anda lakukan cukup melakukan registrasi melalui website, proses pembayaran bisa melalui kantor cabang bank BNI atau ATM BNI, datang ke kantor imigran untuk foto dan verifikasi berkas dan tunggu 3-4 hari kerja. Sampai akhirnya cara membuat paspor baru selesai dan bisa langsung anda ambil di kantor imigran.

Advertisements