Tuesday, September 19, 2017

5 Kebiasaan yang Dilakukan Dosen Saat Istirahat

Ngepostsaja.com - Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh dosen pada saat jam istirahat berlangsung. Pada umumnya, ada beberapa kegiatan dosen pada jam istirahat yang biasa dilakukan. Hal ini pada umumnya menjadi kebiasaan dan tak menutup kemungkinan bisa diketahui oleh para mahasiswanya, sehingga mereka tak berusaha mengganggu para dosen di saat jam istirahat.
Jam Istirahat Dosen
Pada umumnya, kegiatan perkuliahan bisa saja berlangsung lama dan padat. Para dosen pun juga memiliki jam terbang dan jadwal yang berbeda-beda. Bisa saja satu dosen mengajar di beberapa universitas atau fakultas, sehingga membuatnya merasa lelah. Karena kegiatan dosen pada jam istirahat pun menjadi salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan agar segar kembali.

Sebagai mahasiswa, ada beberapa yang memang menghafal apa saja kegiatan dosen mereka pada saat jam istirahat berlangsung. Hal seperti ini memang menjadi salah satu bentuk kebiasaan, sehingga jika mereka memiliki kepentingan tertentu dengan para dosen pun bisa memilih waktu yang tepat.

Dengan begitu, mereka pun tak mengganggu jam istirahat dosen. Memang tak dapat dipungkiri, kegiatan dosen pada jam istirahat terkadang menjadi salah satu pembahasan para mahasiswa jika sudah berada di lingkungan kampus. Pada jam istirahat pun ada beberapa mahasiswa yang masih bisa menemui dosen, sehingga mengerti dengan apa saja yang biasa dilakukan oleh mereka baik di dalam atau pun luar ruang dosen.

Kebiasaan Dosen Pada Jam Istirahat
Ada beberapa kebiasaan dan kegiatan dosen pada jam istirahat yang bisa kita ketahui secara umum. Biasanya, hal seperti ini juga menjadi salah satu bahan pembicaraan mahasiswa, agar mereka bisa memilih waktu yang tepat untuk bertemu dengan dosen pada jam tersebut. Bisa juga, mereka bisa mengetahui di mana dosen yang ingin ditemuinya berada pada saat itu.
1. Makan siang
Pada umumnya, kegiatan dosen pada jam istirahat adalah makan siang. Sama seperti kebanyakan orang, dosen bisa melakukan makan siang baik di dalam maupun luar ruangan. Hal ini sangat wajar, sebagaimana manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhan fisiologis mereka dengan asupan makanan.
2. Sholat bagi yang muslim
Selain makan, pada jam istirahat dosen biasanya juga melakukan sholat. Hal ini biasa dilakukan oleh dosen yang beragama Islam. Adanya kegiatan dosen pada jam istirahat ini bisa dilakukan di tempat sholat yang tergabung maupun terpisah dari mahasiswa, yang sudah disediakan oleh pihak universitas.
3. Diskusi
Jika ada topik pembicaraan mengenai satu hal, maka pada umumnya dosen juga melakukan diskusi. Misalnya saja ada pemberitaan terbaru mengenai kebijakan dari pihak universitas, penelitian, atau beberapa hal lain yang bisa mengundang perhatian. Hal ini sangat wajar dan sering dilakukan oleh dosen pada jam istirahat.
4. Ngobrol santai
Ada juga kegiatan dosen pada jam istirahat yang dilakukan dalam bentuk ngobrol santai. Hal ini sifatnya lebih santai dan kasual jika dibandingkan dengan diskusi. Dosen bisa membicarakan banyak hal dengan rekannya, baik yang berbau akademik maupun non akademik, sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan.
5. Mengoreksi tugas
Selain beberapa hal di atas, pada jam istirahat terkadang dosen juga mengoreksi tugas mahasiswanya. Hal ini bisa saja dilakukan karena tak ingin pekerjaan yang harus diselesaikan menumpuk atau memang masih ada tugas lain yang harus dikerjakan.

Itulah 5 kegiatan dosen pada jam istirahat yang sering dilakukan. Ada baiknya Anda mengetahui hal tersebut, sehingga bisa menentukan kapan waktu yang tepat pada saat jam istirahat berlangsung, untuk bertemu dengan dosen.

Advertisements