Tuesday, September 19, 2017

5 Cara Menghubungi Dosen yang Galak Menurut Mahasiswa

Ngepostsaja.com - Terkadang, sebagian mahasiswa ada yang menganggap dosen memiliki karakter galak. Ketika mereka harus menghubungi dosen tersebut, maka kecemasan bisa saja menjadi salah satu hal yang dirasakan. Oleh karena itu, ada beberapa cara menghubungi dosen galak yang bisa dilakukan dan juga diterapkan agar mahasiswa tak merasa cemas atau takut melakukan hal ini.
Mahasiswa Menghubungi Dosen Galak
Pada umumnya, mahasiswa bisa menemukan berbagai macam karakter dosen. Ada dosen yang dianggap supel, lebih kasual, sampai galak. Beberapa karakter yang berbeda ini juga memengaruhi cara mereka berkomunikasi dengan dosen. Oleh karena itu, ada beberapa cara menghubungi dosen galak yang biasa ditanyakan oleh mahasiswa sebelum mengambil langkah.

Beberapa kejadian seperti ini memang sering kita temui di dalam keseharian. Ada juga mahasiswa yang cemas dan panik, hingga bertanya pada beberapa orang teman agar bisa menghubungi dosen galak dengan cara yang benar. Alasan mereka melakukan hal ini adalah karena takut melakukan langkah yang salah dan justru ditegur atau dimarahi oleh dosen itu.

Sebenarnya, cara menghubungi dosen galak ini tak selalu sulit. Jika seorang mahasiswa menghubungi dosen dengan cara yang tepat, sekali pun karakternya galak akan tetap bisa memberi respon baik. Begitu juga dengan ketepatan mereka dalam memilih kata. Beberapa hal seperti ini akan menjadi bagian yang patut untuk diperhatikan dalam pola komunikasi.

5 Cara Menghubungi Dosen yang Galak Menurut Mahasiswa
Berikut ini adalah 5 cara cara menghubungi dosen galak yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Beberapa cara ini bisa Anda coba secara keseluruhan, agar pola komunikasi yang Anda bangun dengan dosen tersebut bisa tepat dan baik. Dengan begitu, Anda pun tak akan mendapat masalah baru karena telah dianggap melakukan hal yang kurang sopan dan baik.
1. Gunakan salam pembuka dan meminta maaf karena mengganggu
Sebagai bagian awal, penting untuk Anda dalam menggunakan salam pembuka. Hal ini menjadi cara menghubungi dosen galak yang perlu diperhatikan. Selain itu, sampaikan juga bahwa Anda meminta maaf karena telah mengganggu dosen yang bersangkutan.
2. Perkenalkan diri
Selain itu, memperkenalkan diri juga menjadi salah satu ha yang penting untuk Anda lakukan. Anda bisa menyebutkan identitas dalam bentuk nama, jurusan, universitas, kelas, dan angkatan. Hal ini sangat penting, terlebih untuk dosen yang memang mengajar di lebih dari 1 universitas agar tak membuat beliau merasa bingung.
3. Sampaikan isi pokok bahasan
Setelah itu, Anda bisa menyampaikan isi dari pokok bahasan mengenai apa yang ingin Anda tanyakan atau informasikan pada dosen yang bersangkutan. Usahakan cara menghubungi dosen galak yang satu ini Anda fokuskan dengan poin yang jelas tanpa bertele-tele.
4. Sampaikan terima kasih dan salam penutup
Jangan lupa, sampaikan juga ucapan terima kasih dan salam penutup di akhir. Bagian yang satu ini sangat penting untuk Anda lakukan, sebagai bentuk bahwa Anda memang beritikad baik dalam menghubungi beliau.
5. Pilih kata dan waktu yang tepat
Jangan lupakan cara menghubungi dosen galak dengan memilih kata dan waktu yang tepat untuk menghubungi beliau. Usahakan Anda bisa memilih kata yang jelas dan sopan. Selain itu, perhatikan juga waktu yang tepat untuk menghubungi dosen tersebut, agar tak mengganggu.

Itulah 5 cara menghubungi dosen galak yang bisa Anda terapkan. Adanya 5 cara seperti di atas bisa Anda terapkan secara keseluruhan, agar nantinya Anda bisa menghubungi dosen tersebut dengan tepat, tanpa harus memberi kesan negatif untuk diri sendiri.

Advertisements