Thursday, September 21, 2017

Inilah 5 Cara Dosen Mengatasi Plagiat di Kampus

Ngepostsaja.com - Plagiarisme merupakan salah satu hal yang marak dan sering terjadi, terlebih di dunia perkuliahan. Kejadian plagiarisme ini menjadi salah satu bagian yang tak dapat ditoleransi, terlebih jika sudah terkait dengan pembuatan penulisan ilmiah. Karena itu, penting untuk mengatasi plagiat di kampus, baik dengan cara prenventif atau mengambil suatu langkah tegas.
Photo via pixabay.com
Plagiat Di Kampus
Bagi para dosen yang menggalakkan larangan plagiat, tentu ada beberapa hal yang dilakukan dan diambil sebagai langkah tertentu untuk mengatasinya. Pada umumnya, beberapa cara untuk mengatasi plagiat di kampus ini dilakukan dalam bentuk pencegahan maupun tindak lanjut dengan keputusan tertentu agar tak terjadi plagiat lagi, karena hal ini sangat merugikan.

Ada banyak pihak yang dirugikan jika terjadi plagiasi. Misalnya saja, pihak penulis asli. Penulis asli yang menggagas dan melakukan banyak hal untuk membuat suatu karya ilmiah menjadi tak dihargai kerja kerasnya. Hal ini dikarenakan ada pihak tak bertanggung jawab yang sudah menjiplak hasil kerja keras sekaligus pemikirannya tanpa meminta izin terlebih dulu.

Selain pihak penulis, kampus pun juga dirugikan. Nama baik kampus menjadi tercemar karena ada oknum di dalamnya yang melakukan plagiat. Hal ini juga bisa membuat akreditasi kampus tersebut turun. Karena itu, mengatasi plagiat di kampus menjadi salah satu hal penting yang digalakkan agar tak terjadi hal seperti ini yang bisa merugikan beberapa pihak tersebut.

Perlu Anda ketahui, adanya plagiasi ini memang sudah banyak terjadi. Beberapa tahun terakhir, kejadian serupa mulai banyak ditemui, sehingga langkah tegas pun diterapkan oleh dosen dengan berbagai cara. Tindakan ini diharapkan akan menekan angka plagiat yang terjadi, sehingga baik dosen maupun mahasiswa yang ada lebih cermat dalam membuat karya ilmiah.

5 Cara Dosen Mengatasi Plagiat di Kampus
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh dosen untuk mengatasi plagiat di kampus. pada umumnya, beberapa cara ini sering kali dikombinasi sebagai satu rangkaian usaha dari pihak kampus, demi mencegah terjadinya plagiasi.
1. Melakukan sosialisasi
Cara pertama yang sering dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi mengenai plagiasi terhadap seluruh civitas akademika. Misalnya saja adanya kutipan teori, gagasan, hasil penelitian, dan sebagainya yang tak menyantumkan sumber. Hal ini akan menjadi salah satu bentuk plagiat yang tak diizinkan dan pelanggaran.
2. Menetapkan peraturan
Menetapkan peraturan yang jelas bisa menjadi satu upaya dalam mengatasi plagiat di kampus. Hal seperti ini bisa dilakukan bersama dengan sosialisasi, sehingga seluruh civitas akademika bisa mengetahui apa saja bentuk peraturan mengenai plagiat yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus kepada setiap anggotanya.
3. Menetapkan sanksi tegas
Selain melakukan sosialisasi dan menetapkan peraturan, sanksi tegas pun perlu ditetapkan. Hal ini menjadi salah satu bentuk nyata dari adanya ketegasan pihak kampus untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya plagiat. Sanksi tegas ini diharap bisa membuat anggotanya tak melakukan plagiat dalam bentuk apa pun.
4. Memanfaatkan teknologi
Pada umumnya, dosen bisa mengatasi plagiat di kampus dengan cara menggunakan aplikasi atau web yang ada untuk mengecek plagiasi. Sudah ada banyak halaman web dan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hal ini.
5. Banyak membaca
Dosen juga bisa lebih banyak membaca agar bisa mengetahui mana yang termasuk dalam plagiasi atau bukan. Dengan membaca, dosen akan lebih mengerti dan memahami bagian mana yang sekiranya menjadi plagiasi dari apa yang dikerjakan oleh mahasiswanya.

Itulah 5 cara untuk mengatasi plagiat di kampus yang biasa dilakukan oleh dosen. Pastikan Anda tak melakukan plagiasi dalam mengerjakan apa pun, termasuk karya ilmiah.

Advertisements