Friday, September 22, 2017

5 Alasan Dosen Ngajak Mahasiswanya Bertemu di Luar Kampus

Ngepostsaja.com - Ada banyak dosen yang lebih memilih untuk bertemu mahasiswa di luar kampus pada saat tertentu. Hal seperti ini sudah sering kita temui, seiring dengan perkembangan zaman. Pada umumnya, dosen yang memiliki budaya seperti ini cenderung lebih santai dan tak lagi menerapkan tipe pengajaran seperti di zaman dulu yang terkesan lebih formal dan kaku.
Foto Meeting @ pixabay.com
Dosen Meminta Bertemu dengan Mahasiswa Di Luar Kampus
Seiring dengan perkembangan zaman, jenis komunikasi dan pengajaran yang dilakukan oleh dosen tak selalu menerapkan sistem lama. Sistem lama cenderung menerapkan tipikal formal dan kaku, seperti keguruan yang menerapkan adanya gap di antara mereka. Hal yang lebih modern ini dibuktikan dengan dosen yang mengajak bertemu mahasiswa di luar kampus.

Kejadian di mana dosen lebih memilih untuk bertemu dengan mahasiswanya di luar kampus memang sering bisa kita temui. Pada umumnya, hal seperti ini menjadi salah satu bagian yang cenderung lebih santai dan fleksibel. Beberapa tempat pun menjadi tujuan mereka bertemu. Misalnya saja seperti kafe, tempat makan, atau beberapa tempat pilihan yang lain.

Mungkin sebagian dari kita sempat menganggap bahwa dosen yang mengajak bertemu mahasiswa di luar kampus ini merupakan hal yang aneh. Terlebih, untuk mahasiswa baru yang masih belum pernah memiliki dan menemui budaya seperti ini di lingkungan sekolah mereka. Akan tetapi, dunia perkuliahan sudah membuka mata mereka bahwa ini adalah hal yang biasa.

5 Alasan Dosen Ngajak Mahasiswanya Bertemu di Luar Kampus 
Ada 5 alasan mengapa dosen memilih untuk bertemu mahasiswa di luar kampus. Beberapa alasan ini perlu untuk Anda ketahui, agar tak memiliki prasangka karena adanya hal yang cenderung menimbulkan tanda tanya.
1. Mencari suasana baru
Alasan yang sering kali menjadi dasar mengapa dosen lebih memilih untuk mengajak bertemu mahasiswa di luar kampus adalah karena ingin mencari suasana baru. Suasana di luar kampus bisa jadi lebih menarik dan memberi kesan lebih rileks jika dibandingkan dengan lingkungan tempatnya bekerja yang cenderung monoton.
2. Sedang tak datang ke kampus
Bisa juga, dosen mengajak mahasiswanya bertemu di luar kampus karena sedang tak ada jadwal untuk berkunjung atau mengajar di kampus. Hal ini menjadi salah satu alternatif yang tepat agar dosen tak harus jauh-jauh datang ke kampus untuk bertemu dengan mahasiswanya demi melakukan diskusi atau pembicaraan tertentu.
3. Agar lebih santai
Ada dosen yang ingin berdiskusi dengan lebih santai. Itu mengapa mereka memilih untuk bertemu mahasiswa di luar kampus karena suasana yang sudah berbeda. Hal seperti ini sudah sering bisa kita temui, terlebih untuk dosen yang memang memiliki pembawaan santai.
4. Ingin sambil ngopi
Ada kalanya beberapa dosen ingin berdiskusi sambil ngopi. Suasana ini cenderung lebih nyaman untuk digunakan sebagai timing diskusi. Itu mengapa ada dosen yang mengajak mahasiswanya bertemu di luar kampus daripada memilih lokasi yang selalu sama dengan tempatnya bekerja sehari-hari.
5. Jarak tempuh yang dekat
Dosen bisa saja memiliki kepentingan tertentu di satu tempat. Jika tempat yang dituju searah dengan lokasi bertemu dengan mahasiswa, maka hal ini bisa menjadi satu alasan mengapa dosen mengajak bertemu mahasiswa di luar kampus. Jalan yang searah ini lebih praktis daripada memilih lokasi yang jauh.

Itulah 5 alasan dosen mengajak bertemu mahasiswa di luar kampus yang bisa Anda ketahui. Jika Anda pernah, sedang, atak akan mengalami hal serupa, ada baiknya mengetahui beberapa hal di atas agar tak merasa heran.

Advertisements