Friday, August 11, 2017

Jangan Hanya Tergiur dengan Universitas Favorit Saja, Ini Juga Wajib Kamu Perhatikan Lho!

Universitas - Bagi kamu yang sudah lulus dari bangku SMA dan siap-siap menghadapi ujian masuk universitas. Tak heran kalau merasa was-was, tegang, dan bahkan kerepotan dalam mempersiapkan berbagai macam hal. Mulai dari memilih tempat kuliah, jurusan, persiapan tes, mengikuti kursus atau les, dan sebagainya. Apalagi kamu tau sendiri jika terdapat banyak sekali lulusan yang menginginkan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri atau PTN. Pasalnya PTN dianggap lebih berkualitas dan memberikan banyak keuntungan pada para mahasiswa nya. Khususnya ketika mereka telah lulus dan ingin mencari pekerjaan. Kabarnya, sebagian besar perusahaan, kantor, dan instansi di Indonesia lebih mengutamakan lulusan yang berasal dari universitas negeri.
Foto Universitas: pixabay.com
Pilih Universitas Favorit
Selain PTN atau Perguruan Tinggi Negeri, banyak juga masyarakat yang sangat tergiur dengan universitas yang punya embel-embel favorit. Alasannya tentu saja karena perguruan tinggi favorit mempunyai kualitas pendidikan jauh lebih baik dibanding lainnya. Mulai dari sistem perkuliahan, mata kuliah yang ditawarkan, dosen atau tenaga pengajar, dan semua fasilitas yang ditawarkan serba bagus. Mahasiswa lulusan dari tempat tersebut maka sudah pasti pandai dan memiliki prestasi tinggi. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang tua akan menyarankan bahkan sampai memaksa anak-anak nya untuk masuk ke sebuah universitas paling favorit.

Tak Selalu Menjamin Masa Depan
Memang suatu kampus yang punya akreditasi bagus dan menjadi paling favorit akan memberikan keuntungan lebih. Misalnya saja memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan di masa depan. Perusahaan mana sih yang tak mau merekrut calon pegawai lulusan dari universitas terkenal dan terbaik di suatu kota? Anggapan akan mahasiswa tersebut memiliki prestasi tinggi dan kecerdasan lebih akan selalu melekat dalam pikiran masyarakat kita.

Akan tetapi, sebenarnya semua hal tersebut tidak selalu menjamin kalau masa depan kamu akan cerah cemerlang lho. Entah mau masuk PTN paling favorit ataupun tidak, kamulah yang menentukan sukses atau tidaknya kehidupan. Percuma saja orang tua membayar mahal demi fasilitas pendidikan terbaik tetapi kamu malas dan tidak serius belajar. Meskipun beberapa universitas tidak menyandang predikat sebagai kampus terbaik, tetapi bukan berarti kualitasnya buruk. Bahkan banyak dari mereka yang berhasil mencetak lulusan-lulusan berkelas dan sukses di masa depan.

Jangan Hanya Lihat Nama
Ada suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri ketika kamu berhasil diterima di suatu kampus ternama dan favorit. Namun kamu juga perlu ingat satu hal kalau hal tersebut tidak 100 persen menjamin masa depan. Ada baiknya jika kamu pikirkan dulu beberapa hal di bawah ini sebelum memilih dimana akan kuliah dan ingin mengambil jurusan apa.
1. Kenali Minat, Bakat, dan Kemampuan
Pertama kamu harus mengenal siapa dirimu terlebih dahulu, apa minat, bakat, serta kemampuan yang dimiliki. Akan sangat percuma jika berhasil masuk ke universitas favorit tetapi semua kegiatan dan mata kuliah di sana tidak mampu membantumu berkembang. Jadi kamu hanya pintar dalam bidang akademis saja tetapi tidak memiliki skill apapun. Padahal di dunia kerja, kemampuan praktek lebih dipakai dimana orang-orang mempunyai banyak pengalaman di bidang tersebut.
2. Pilih yang Kamu Sukai
Kenapa kamu harus memilih perguruan tinggi beserta jurusan yang kamu sukai? Alasannya agar kamu dapat bertanggung jawab pada pilihanmu sendiri. Selain itu, menjalani sesuatu yang disukai akan lebih menyenangkan karena tanpa adanya suatu paksaan. Meskipun mata kuliahnya sulit, dosen galak, atau tugas yang segudang tapi kamu dapat menjalaninya dengan senang dan penuh tanggung jawab.
3. Tanya Orang Berpengalaman
Mungkin akan ada banyak teman yang menjadi provokator dimana menyarankan kamu masuk ke universitas favorit tertentu. Sebaiknya kamu cari tau sendiri ke orang yang lebih tau dan berpengalaman, misalnya kakak kelas atau saudara. Mereka akan memberikan informasi yang lebih akurat karena sudah menjalaninya secara langsung. Mintalah rekomendasi dan beberapa nasehat pada mereka mengenai perguruan tinggi mana yang bagus.
4. Mencari Banyak Informasi
Selain bertanya pada orang lain, kamu juga bisa mencari sendiri mengenai suatu universitas. Kamu dapat datang langsung ke tempat tersebut atau mencari review dan references melalui internet.

Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin lagi terhadap kampus yang nantinya akan dipilih.
Sekali lagi, jangan terlalu tergiur karena universitas tersebut menjadi favorit. Setiap kampus pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sukses atau tidaknya masa depan sebenarnya ada di tanganmu sendiri. Jadi, tak peduli kamu kuliah dimana kalau memang rajin dan berusaha keras pasti akan berhasil nantinya.

Advertisements