Wednesday, August 9, 2017

Siapa Bilang Kuliah Tak Bisa Sambil Kerja? Kamu Patut Coba 5 Jenis Bisnis Online Ini!

Bisnis Online - Pernah tidak kamu mempunyai niat untuk mencari pekerjaan ketika masih duduk di bangku kuliah? Memang sih semua biaya pendidikan, mulai dari uang semester, bayar tempat kos, uang jajan, uang makan, dan transportasi ditanggung orang tua. Akan tetapi semua hal tersebut masih terasa kurang, apalagi ketika terjadi masalah. Contohnya seperti jatah uang bulanan telat dikirim, habis, atau dipinjam oleh teman kampus. Bisa juga orang tua di rumah sedang mengalami krisis tertentu sehingga kiriman rutin kamu agak sedikit tersendat. Alangkah enaknya jika kamu sendiri dapat menghasilkan uang, meskipun hanya beberapa rupiah saja. Hal tersebut sangat lumayan karena dapat menjadi tambahan uang saku dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi kalau kamu merupakan anak kos yang harus memikirkan cara bertahan hidup tiap harinya.
Foto: pixabay.com
Banyak Mahasiswa Berbisnis
Sekarang ini banyak sekali ditemukan mahasiswa yang mencari uang sambil berkuliah lho, salah satunya dengan berbisnis. Cara ini dirasa paling ringan, fleksibel, dan tentunya mampu menghasilkan banyak keuntungan.Kalau memiliki usaha sendiri maka kamu dapat mengatur waktu dan tenaga sehingga tidak terlalu mengganggu proses belajar di kampus. Berbeda jika kamu bekerja untuk orang lain dimana harus berusaha mengejar target, adanya waktu lembur, shift malam, belum lagi ketika kena marah atasan. Meskipun para mahasiswa hanya diperbolehkan bekerja secara freelance atau paruh waktu, tapi tetap saja beresiko mengganggu kegiatan kuliah. Itulah alasannya mengapa bisnis menjadi cara alternatif para mahasiswa yang ingin mencari tambahan uang saku sendiri.

Bisnis Online Jadi Andalan
Bisnis online adalah salah satu jenis usaha yang juga sangat digemari oleh mahasiswa karena terbilang mudah dikelola. Kamu tidak perlu berjualan suatu barang di sekitar kampus, mendirikan stand atau toko, berteriak menawarkan barang, atau terjun langsung ke lapangan. Cukup duduk manis di dalam kelas sambil menunggu dosen datang atau di kantin saat makan siang, kamu bisa melayani semua calon konsumen. Dengan hanya berbekal otak dan juga smartphone canggih, kamu bahkan sudah bisa mengelola bisnis tersebut dengan baik. Apalagi sekarang teknologi semakin canggih dimana kamu bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk mendukung bisnis online tersebut. Gunakan saja beragam media sosial seperti Facebook, Instagram, Path, Twitter, BBM, dan sebagainya untuk melakukan promosi atau berinteraksi dengan pelanggan.

Jenis Bisnins Online untuk Mahasiswa
Sebelum memikirkan mengenai bisnis online, sebaiknya kamu perhatikan dulu apakah kegiatan tersebut akan mempengaruhi waktu belajarmu atau tidak. Percuma saja kalau mendapatkan banyak keuntungan kalau kuliah menjadi terganggu bukan? Sebenarnya ada banyak sekali jenis bisnis online yang sangat cocok dilakukan oleh para mahasiswa, antara lain sebagai berikut:
1. Jual Pulsa dan Paket Internet
Tak hanya di konter, bahkan kini masyarakat bisa dengan mudahnya membeli dan memesan pulsa atau paket internet melalui media online. Kamu bisa juga kok menjalani bisnis yang satu ini karena termasuk mudah dan tak bikin kuliah jadi berantakan.
2. Jual Kerudung dan Jilbab
Kalau bisnis ini sangat cocok sekali bagi para wanita. Selain bisa mencari tambahan uang, kamu juga bisa sambil berdakwah lho! Alasannya karena menjual kerudung secara online bisa dianggap mengajak seseorang untuk berbuat hal positif.
3. Jual Pakaian Modern
Banyak juga mahasiswa yang melakukan bisnis online di bidang jual beli pakaian modern. Biasanya anak kuliahan, khususnya wanita sangat suka sekali dengan berbagai jenis pakaian unik dan menarik. Apalagi kalau kamu dapat memilih jenis barang yang mengikuti trend masa kini. Dijamin, bisnis tersebut akan laris manis!
4. Jual Souvenir dan Aksesoris Wisuda
Saat ini juga lagi marak toko-toko online yang menjual aneka pernak-pernik wisuda seperti boneka, buket bunga, pajangan dinding, dan sebagainya. Kalau kamu merupakan orang kreatif dan inovatif, bidang ini bisa jadi ladang emas. Apalagi kalau sedang musim sidang skripsi dan wisuda, pasti banyak sekali orang yang akan memesan barang tersebut.

Bagaimana, apakah kamu tertarik ingin mencoba salah satu jenis bisnis online di atas? Tak hanya fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kesibukan mahasiswa saja. Tetapi juga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Kamu bisa terus fokus pada pelajaran di kampus sambil mengelola bisnis kecil-kecilan tersebut.

Advertisements