Tuesday, August 8, 2017

Jangan Ragu, Kamu Bisa Kok Berhasil Dapatkan Beasiswa S2 ke Luar Negeri !

Beasiswa - Ketika kamu sudah menyelesaikan masa skripsi dan menjalani upacara wisuda, tentunya hati dan jiwa terasa lega. Terbebas dari segala hal mengenai skripsi yang seringnya membuat tertekan dan juga stress. Saking senang dan bangganya, sebagian besar orang akan merayakan kelulusan tersebut dengan melakukan beragam aktivitas menyenangkan. Sebelum akhirnya mereka harus memikirkan mengenai masa depan selanjutnya yaitu mencari pekerjaan.
Foto: wikipedia.org
Beberapa dari mereka mungkin ada yang fokus dalam memburu lapangan pekerjaan dan menghasilkan banyak uang. Namun ada juga yang menginginkan untuk kuliah lagi ke jenjang berikutnya yaitu S2. Selain dapat meneruskan pendidikan ke universitas baik yang negeri ataupun swasta dengan biaya sendiri, ada pula pilihan alternatif lain yaitu mendapatkan beasiswa.

Beasiswa S2 Luar Negeri Diminati
Jika kamu ingin mengambil kesempatan untuk kuliah lagi maka manakah yang akan dipilih? Menggunakan biaya sendiri ataukah mengikuti suatu program beasiswa? Kalau dipikir-pikir memang melanjutkan pendidikan di suatu universitas luar negeri sangatlah mahal. Biayanya tak hanya puluhan, melainkan sampai ratusan juta untuk tiap tahunnya lho! Meskipun begitu ada juga beberapa negara yang menawarkan sekolah gratis pada mahasiswa seperti Jerman, Perancis, Irlandia, dan sebagainya. Akan tetapi, tetap saja kamu harus memikirkan hal-hal lain, contohnya biaya hidup, kos, makan sehari-hari, membeli buku dan alat tulis, dan masih banyak lagi. Padahal kamu tau sendiri kan kalau biaya hidup di luar negeri jauh berbeda dengan Indonesia tercinta yang apa-apa serba ada dan murah.

Nah, inilah sebabnya kenapa jalur beasiswa sangat diminati oleh banyak masyarakat dari berbagai macam kalangan. Tak cuma para fresh graduate saja, tetapi juga yang lainnya seperti para PNS, TNI, Polri, pengusaha, ibu rumah tangga, dan masih banyak lagi. Jadi bagi kamu yang tertarik mendapatkan program ini maka siap-siap bertemu banyak saingan ya! Tentunya proses seleksi yang harus dihadapi untuk mendapatkan beasiswa S2 di sebuah kampusluar negeri tidak gampang.

Tips Dapatkan Beasiswa Luar Negeri
Karena nanti kamu bakal menghadapi rangkaian tahap seleksi, pastinya banyak sekali hal yang wajib dipersiapkan. Terlebih lagi kamu juga akan menghadapi dan mengalahkan ratusan atau bahkan ribuan peserta yang mengikuti program tersebut. Dengan kata lain, kamu harus lebih unggul beberapa langkah dan memiliki bekal yang cukup. Lalu, bagaimana caranya agar dapat lolos beasiswa S2 ke negeri orang sesuai impian dan cita-cita? Coba perhatikan beberapa tips mudah dan ringan di bawah ini agar kamu lebih siap menghadapinya!
1. Matangkan Pilihan
Hal pertama yang dilakukan adalah mematangkan pilihan yaitu kemana tujuan kuliah S2 kamu selanjutnya. Selain memilih negara, pastikan pula universitas dan jurusan apa yang nantinya akan dituju. Selain itu, kamu juga harus memiliki alasan yang kuat mengapa memutuskan untuk mengambil pendidikan di sana. Sesuaikan dengan minat serta kemampuan yang dimiliki sehingga tidak ada lagi keraguan.
2. Cari Informasi Terkait Universitas dan Jurusan
Mulai sekarang kamu harus rajin browsing dan mencari berbagai informasi dari kampus serta jurusan yang akan dipilih. Hal ini penting karena saat wawancara beasiswa, kemungkinan besar akan ditanya mengenai hal tersebut. Apa yang kamu tau tentang universitas tersebut, apa alasannya, apa keunggulannya, dan sebagainya.
3. Kuasai Bahasa Inggris
Hal ini memang kunci utama ketika kamu punya keinginan melanjutkan S2 ke luar negeri karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Rajin-rajinlah belajar dan berlatih berbicara Bahasa Inggris agar lebih terbiasa. Jangan lupa juga untuk mengikuti tes EILTS yang merupakan salah satu syaratbeasiswa ke luar negeri.
4. Pengalaman Itu Penting Lho
Kamu juga jangan malu bertanya kepada para alumni yang pernah mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi jitu mengenai tips dan trik serta pengalaman selama proses tersebut.
5. Aktif Kegiatan Sosial
Kebanyakan program beasiswa memang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Oleh karena itulah sikap dan sifat nasionalisme merupakan hal penting di sini. Rugi dong negara mahal-mahal membiayai kamu kuliah di luar negeri. Kalau kamu tidak bisa memberikan kontribusi bagi negara tercinta. Inilah alasannya kenapa program tersebut lebih mempertimbangkan pendaftar yang punya pengalaman dan aktif di bidang sosial. Misalnya menjadi relawan bencana alam, guru di tempat terpencil, aktif di kegiatan masyarakat, dan sebagainya.

Itulah sedikit tips yang wajib kamu perhatikan mulai dari sekarang jika ingin melanjutkan kuliah dengan jalur beasiswa ke luar negeri. Memang ada banyak sekali hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan karena para peminatnya juga tidak sedikit. Akan tetapi kamu jangan mudah putus asa, asalkan punya niat pasti selalu ada jalan.

Advertisements