Sunday, August 6, 2017

Inilah 7 Alasan Memulai Bisnis Online Saat Kuliah

Saat ini bisnis online mulai marak digandrungi banyak orang. Bisnis online selain menguntungkan juga fleksibel dalam hal waktu dan tempat. Untuk mahasiswa yang masih memiliki kewajiban belajar namun ingin mendapatkan pengalaman berbisnis maka bisnis online adalah solusi yang tepat. Jadi kalau kamu masih galau mulai bisnis online sekarang saat masih kuliah atau nanti saat sudah lulus, mungkin alasan-alasan di bawah ini bisa membantu kamu membuat keputusan.
Foto: pixabay.com
Risiko kecil
Kelebihan berbisnis online adalah kita bisa memulainya dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali seperti menjual barang bekas yang sudah tidak dipakai di rumah. Kalau kita menjadi reseller, kita tidak perlu menimbun barang di kos atau di rumah. Kita cukup memasarkan via online dan nanti barangnya bisa dikirim dengan cara drop shipping. Jadi walaupun bisnis online yang kita kerjakan tidak membuahkan hasil, tidak akan ada barang yang menumpuk di rumah dan kita juga tidak rugi finansial yang banyak.

Banyak sumber daya tersedia di kampus
Setiap universitas pasti memiliki fasilitas internet gratis untuk mahasiswanya. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk memulai bisnis online kalian. Belum lagi di kampus banyak tempat-tempat yang bisa dijadikan tempat diskusi bersama partner bisnis kamu. Kamu juga bisa berkonsultasi ke dosen dan meminta bantuan mereka mengembangkan proyek bisnis online kamu. Para dosen biasanya senang jika ada mahasiswa yang memiliki inisiatif bisnis atau memiliki ide-ide inovatif meskipun itu untuk berjualan online. Kamu sudah bayar mahal untuk fasilitas-fasilitas universitas, jadi manfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya.

Penerapan ilmu
Selama kita kuliah, kita mendapatkan banyak ilmu. Memulai bisnis online saat kuliah bisa membantu kita menerapkan ilmu yang kita dapatkan lebih cepat, yang seharusnya baru diterapkan setelah lulus kuliah. Menerapkan teori-teori kuliah langsung ke dalam bisnis memang tidak mudah. Kita akan banyak menemukan halangan dan kesulitan. Tapi semakin cepat kita menerapkan ilmu kuliah di dunia nyata, semakin cepat pula kita menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Banyak klien potensial
Mahasiswa adalah klien yang tepat untuk memberikan kritik dan saran terhadap produk yang kita tawarkan. Kamu tahu sendiri kalau hampir semua mahasiswa uangnya pas-pasan, jadi mereka cenderung pelit kalau harus membeli barang. Belum lagi mahasiswa biasanya berani berkata terang-terangan jika mereka suka atau tidak suka terhadap sesuatu. Jadi jika teman kuliah kamu sampai mau membayar produk yang kamu tawarkan (bukan karena rasa setia kawan), itu berarti produk kamu bagus makanya mereka mau beli. Selain itu mahasiswa menghabiskan sebagian besar waktunya membuka sosial media. Jadi kalau mereka sudah suka dengan bisnis online kamu, mereka akan dengan senang hati mempromosikan bisnis kalian dan memviralkannya.

Kesempatan mendapatkan mentor terbuka lebar
Salah satu keuntungan menjadi entrepreneur saat mahasiswa adalah kamu bisa meminta bantuan entrepreneur lain yang sudah sukses untuk menjadi mentor kalian. Entrepreneur yang sudah sukses akan senang hati menjadi mentor kamu karena mereka melihat kamu bagaikan mereka dulu di jaman awal berkarir. Selain itu mereka menganggap kamu bukanlah ancaman bagi bisnis mereka, jadi mereka bisa berbagi tips-tips dengan terbuka kepada kamu.

Banyak partner potensial
Kamu punya ide bisnis yang cemerlang tapi tidak bisa dijalankan oleh satu orang? Kamu tidak perlu khawatir karena teman-teman kuliahmu pasti ada yang bersedia membantu karena mereka sendiri sudah bosan dengan rutinitas kuliah. Jadi saat ada tawaran bisnis online dari kamu, dengan senang hati mereka akan menerimanya.

Menambah kesan penampilan
Membangun bisnis online saat kuliah akan terlihat bagus di CV kamu meskipun bisnis tersebut tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Membangun bisnis menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang proactive, creative, dan memiliki semangat serta keuletan untuk membangun hal baru. Karakteristik-karakteristik semacam ini adalah yang dicari-cari perusahaan. Karakteristik semacam ini juga bisa membawa kalian menuju jabatan yang lebih tinggi dengan cepat karena kalian dianggap memiliki kemampuan memimpin yang bagus dengan membangun bisnis online.

Advertisements