Thursday, August 10, 2017

Jangan Mudah Terlena, Ayo Cepat Rampungkan Skripsi Kamu Sekarang Juga!

Skripsi - Aduh sulitnya ketika harus menjalani dan menghadapi masa skripsi dimana harus mengejar dosen pembimbing tiap harinya. Belum lagi hasil pekerjaan yang dicoret coret karena harus revisi, melakukan penelitian, analisis, dan sebagainya. Tentunya semua itu secara otomatis akan membebani pikiran dan membuat tertekan. Akan tetapi proses skripsi merupakan tahapan yang wajib dilalui setiap mahasiswa jika ingin lulus dari universitas.
Sumber Foto: icampusindonesia.com
Masalah dan Faktor Penghambat
Meskipun semua mahasiswa mempunyai nasib yang sama yaitu harus membuat dan menyelesaikan skripsi, namun kenyataannya tiap orang memiliki suka duka berbeda. Ada yang prosesnya mudah sehingga dapat wisuda dalam waktu dekat. Akan tetapi ada pula yang merasa sangat kesulitan sehingga harus berada di kampus dalam kurun waktu tertentu.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi masa skripsi dan setiap mahasiswa pasti memiliki kondisi dan pengalaman tidak sama. Beberapa faktor tersebut yang paling sering dialami adalah karena rasa malas. Banyak dari mereka yang menunda-nunda mencicil revisi atau bab selanjutnya. Alasannya pasti karena ingin beristirahat sejenak dan ingin refreshing tapi pada kenyataannya mereka terbuai. Ada pula faktor lainnya seperti mahasiswa yang sudah memiliki pekerjaan sampingan, dosen pembimbing terlalu sulit, masalah keluarga, ekonomi, bahkan hubungan percintaan juga bisa mempengaruhi proses skripsi.

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai
Seorang mahasiswa seharusnya mempunyai sikap sadar akan tanggung jawabnya masing-masing, salah satunya menyelesaikan kuliah sampai tuntas. Bagaimana bisa menjadi seorang wisudawan atau wisudawati jika skripsi saja masih sampai pada bab awal? Memang betul jika masa tersebut sangat sulit dan penuh akan tekanan serta faktor penghambatnya. Namun kamu harus tetap bijak menghadapi dan melawan segala bentuk penghalang tersebut. Lalu apa yang harus dilakukan agar proses skripsi bisa selesai dan segera lulus dari universitas? Berikut ini adalah tips positif agar kamu tak mudah terpengaruh dan menjadi malas mengerjakan skripsi.
1. Rajin Beribadah dan Berdoa
Hal ini merupakan kewajiban nomor satu yang harus dilakukan agar kamu tetap semangat dalam menyelesaikan skripsi. Mahasiswa yang mencoba lebih dekat dengan Tuhan YME tentu saja akan semakin dimudahkan segala jalannya. Ya, salah satunya jalan untuk cepat lulus dari bangku kuliah.
2. Komunikasi yang Baik dengan Dosen
Banyak kasus juga ditemukan dimana mahasiswa mengalami problem dengan dosen pembimbingnya sendiri. Ada yang melaporkan pengaduan dimana sang dosen tidak mau memberikan waktu bimbingan karena terlalu sibuk. Atau merasa kesulitan dalam mencari dan menemui mereka ketika berada di kampus, dan masalah lainnya. Coba kamu interopeksi diri terlebih dahulu sebelum menyalahkan para dosen tersebut. Mungkin ada tindakan, sikap, serta kalimat yang tidak sopan sehingga mereka enggan menemuimu. Perhatikan pula pemakaian kalimat SMS atau Whatsapp ketika meminta waktu bimbingan pada mereka.

Nah, kalau kamu sekiranya sudah memiliki dosen pembimbing yang baik maka jangan sia-siakan hal tersebut. Jagalah hubungan serta komunikasi yang baik dengan mereka. Jangan sampai membuat kecewa seperti malas belajar, malas revisi, dan lain sebagainya.
3. Rajin Cari Referensi
Kalau ingin skripsi cepat rampung maka kamu jangan pernah malas belajar dan mencari referensi. Sering-seringlah datang ke perpustakaan kampus untuk mencari informasi dan materi. Atau bisa juga bertanya pada senior terdahulu yang memiliki topik skripsi yang hampir sama.
4. Jangan Lupa Bersenang-Senang
Tak bisa dipungkiri kalau kamu akan merasa lelah dan stress kalau harus terus menerus menghadapi skripsi. Oleh sebab itu, luangkanlah sedikit waktu untuk bersenang-senang agar otak kembali segar. Kamu bisa mengajak teman-teman kuliah pergi liburan bersama, nongkrong di café atau tempat makan, bercanda, nonton filem, dan hal menarik lainnya. Pikiran yang terlalu tegang juga tidak baik karena bisa membuatmu tidak bisa berfikir dengan jernih.
5. Beristirahatlah Sejenak tapi Jangan Berhenti
Seringkali mahasiswa lupa diri ketika sedang melakukan refreshing otak atau istirahat dari proses menyelesaikan skripsi. Ketika merasa jenuh, lelah, dan tertekan dengan hal tersebut maka boleh beristirahat atau bersenang-senang sejenak. Tapi ingat, jangan pernah lupa akan kewajiban dimana kamu harus segera memperbaiki revisi.

Kalau kamu ingin segera wisuda dan lulus dari universitas maka segera rampungkan skripsi. Jangan terlalu lama bermalas-malasan dan terlena dengan kegiatan menyenangkan. Tetap fokus pada tujuan utama yaitu menyelesaikan skripsi hingga akhir. Jika sudah wisuda maka kamu akan merasa jauh lebih lega bukan?

Advertisements