Saturday, August 12, 2017

5 Hal yang Sukses Buat Kamu Menjadi Mahasiswa Abadi

Mahasiswa - Menjadi mahasiswa abadi tentu bukanlah keinginan setiap orang, termasuk dosen, orang tua, maupun mahasiswa itu sendiri. Beredar terlalu lama di dalam kampus, tidak hanya membuat mahasiswa yang bersangkutan merasa bosan, namun juga membuat para dosen harus mengelus dada. Pastinya, ada banyak alasan mengapa seorang mahasiswa akhirnya mengalami keterlambatan kuliah. Nah, buat Kamu yang tidak ingin menjadi mahasiswa abadi, hindari hal-hal berikut yang akan buat sukses kuliahmu kedodoran yang ujung-ujungnya akan diberi surat peringatan DO.
Foto Mahasiswa Abadi : mardiyas.com
1. Terlalu Sibuk Ikut Kegiatan Kemahasiswaan
Menjadi aktivis kampus memang tidak ada larangan. Bahkan, sangat dianjurkan bagi Kamu agar mengikuti banyak kegiatan kampus untuk mengasah keterampilanmu dalam berorganisasi dan bermasyarakat. Kegiatan mahasiswa memang sangat manjur sebagai media untuk mengembangkan diri dan jiwa. Namun, kegiatan seperti ini bisa berubah menjadi sebuah larangan besar jika akhirnya mengalahkan kewajiban pokokmu sebagai mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan. Banyak mahasiswa yang karena terlalu asyik mengikuti kegiatan kemahasiswaan, lalu enggan masuk kuliah. Tidak hanya itu, bahkan bascamp tempat kegiatan kemahasiswaan dilaksanakan, justru Kamu jadikan sebagai tempat aman untuk melarikan diri dari jadwal perkuliahan.
2. Dimabuk Cinta
Kampus memang dapat dijadikan mahasiswa sebagai ladang dalam mencari jodoh. Usia yang pas untuk menjalani percintaan plus waktu kuliah yang bebas, tidak seperti saat di bangku sekolah pertama maupun atas, membuat pacaran di kuliah menjadi lancar. Sebenarnya, hal ini juga tidak menjadi masalah, asalkan percintaanmu dengan doi dapat membuatmu semangat untuk masuk kuliah dan menyelesaikannya dengan cepat. Yang menjadi masalah adalah jika Kamu menghabiskan waktu kuliah hanya untuk berpacaran. Saat jam kuliah berlangsung, Kamu lebih milih mojok berdua di taman, saat ujian berlangsung, Kamu milih ketemuan di kantin kampus, dan sebagainya. Belum lagi jika ada masalah dalam hubungan percintaanmu. Kamu lebih senang ngendon di bascamp UKM sambil merenungi nasib. Terus, kapan mau kuliahnya?
3. Terlalu Sibuk Bekerja
Banyak mahasiswa yang mencoba peruntungan di dunia bisnis. Mencari pengalaman kerja, mengisi waktu luang di sela-sela kuliah, hingga membantu orang tua dalam pembiayaan kuliah, biasanya dijadikan sebagai alasannya. Sebenarnya, hal ini tidak masalah. Namun, kebanyakan mahasiswa justru menjadi terlena dengan hal ini. Karena sudah merasa nikmat mendapatkan keuntungan dari hasil kerjanya, membuatnya menjadi malas untuk berangkat kuliah. Bahkan, mereka juga malas untuk menyelesaikan kuliahnya. Inilah yang dilarang karena dapat menjadi bumerang. Oleh karena itu, jika Kamu ingin bekerja sambil kuliah, pilihlah pekerjaan paruh waktu dan sesuai dengan bidang kuliahmu.
4. Terlalu Banyak Mengulang Mata Kuliah
Sudah jamak jika seorang mahasiswa harus mengulang mata kuliah yang mempunyai nilai rendah. Namun, jika terlalu banyak mata kuliah yang harus diulang, jelas ini akan membuat masa kuliahmu menjadi lebih panjang. Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan nilai tinggi untuk setiap mata kuliah. Jika akhirnya Kamu mendapatkan nilai rendah di banyak mata kuliah, pilihlah mata kuliah dengan SKS besar dan lakukan di semester pendek, bukan di jadwal reguler. Satu lagi yang harus diperhatikan saat mengulang, tunjukkan semangat Anda untuk mengikuti kuliah tersebut. Jangan anggap remeh, karena sudah pernah mengikutinya sebelumnya. Tunjukkan pada dosen bahwa Anda bersungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai lebih bagus lagi.
5. Bersabahabat dengan Rasa Malas
Inilah problem tersendiri yang paling sering dialami mahasiswa. Serajin apa pun seorang mahasiswa, ada saatnya rasa malas itu muncul. Entah malas masuk kuliah, malas mengerjakan tugas, malas berkomunikasi dengan dosen yang sibuk, hingga malas mengerjakan skripsi. Rasa malas itu akan selalu menghantui setiap mahasiswa. Itu hal wajar. Akan menjadi tidak wajar saat rasa malas ini dibiarkan dan dipupuk subur di dalam hati. Saat malas masuk kuliah, Kamu biarkan rasa malas itu terus ngendon di dalam diri, bahkan hingga beberapa minggu tidak mau masuk kuliah. Terlebih saat mengerjakan skripsi dan harus selalu menghadap dosen yang super killer, sekaligus malas untuk merevisi. Semua kemalasan itu akan menjadikanmu sukses menjadi mahasiswa abadi.

Advertisements