Saturday, July 29, 2017

Kerja sambil Kuliah, Kenapa Tidak? Inilah Caranya Yang Harus Kamu Tau

Ngepostsaja.com - Kerja dan kuliah adalah dua aktivitas yang sama-sama menyita banyak waktu. Lalu bagaimana kalau kita mengerjakan keduanya dalam waktu yang bersamaan? Apa mungkin kita bisa? Ya, kita bisa bekerja sambil kuliah atau sebaliknya kuliah sambil kerja asal kita bisa mengatur waktu dengan bijaksana. Banyak orang yang berhasil melakukannya, kenapa kita tidak? Mengerjakan dua kegiatan ini secara bersamaan ada untungnya karena kita bisa mendapatkan uang secara teratur sekaligus mendapat gelar.
Foto: pixabay.com
Kerja sambil kuliah
Ada berbagai alasan yang dipakai mahasiswa saat mereka memutuskan bekerja sambil kuliah. Ada yang membutuhkan tambahan uang untuk keperluan kuliah, ada yang sekedar ingin menambah uang jajan, dan ada yang ingin menambah pengalaman. Apapun alasan yang digunakan, jika kalian ingin bekerja sambil kuliah, kalian harus tetap memprioritaskan studi dari kerja sambilan. Banyak mahasiswa yang setelah bekerja, jadi terbengkalai kuliahnya. Oleh karena itu sebelum mencari kerja, sebaiknya kalian mengidentifikasi dulu seberapa banyak waktu luang yang bisa dihabiskan untuk bekerja.

Kalian bisa mencari informasi lowongan kerja di forum-forum mahasiswa atau di mading kampus. Universitas besar biasanya sering membutuhkan tenaga mahasiswa untuk tugas-tugas administratif atau membantu dosen dalam penelitian. Kalian juga bisa bertanya ke dosen pembimbing soal lowongan kerja sekaligus konsultasi tentang niat kalian mencari kerja.

Kuliah sambil kerja
Kuliah sambil kerja umumnya dilakukan oleh para karyawan yang ingin mendapatkan gelar guna kenaikan jabatan. Sama seperti poin di atas, dari awal kalian sudah harus tahu seberapa banyak energy dan waktu kalian yang luang untuk belajar. Apalagi kalau kalian bekerja full time dari pagi sampai sore. Apa kalian masih kuat untuk belajar di malam hari dan pergi kuliah di akhir pekan?

Untuk mempermudah pengalaman belajar kalian, sebaiknya kalian memilih jurusan kuliah yang selinier dengan pekerjaan kalian. Dengan begitu kalian bisa mengaplikasikan pengalaman kalian di tempat kerja di tugas-tugas kuliah nanti. Atasan kalian di tempat kerja perlu tahu bahwa kalian berencana sekolah lagi. Jadi jika kalian ada ujian atau kegiatan belajar yang bersamaan dengan aktivitas kantor, bos kalian bisa maklum dan mau memberi keringanan pada kalian.

Banyak universitas yang menawarkan kelas khusus karyawan yang jam belajarnya biasanya di malam hari atau di akhir pekan. Kalian juga bisa memilih universitas yang menawarkan kelas jarak jauh yang belajarnya mandiri via online, jadi kalian bisa belajar kapan saja dan tidak perlu pergi ke kampus untuk belajar.

Atur jadwal
Kalau kalian sudah mendapatkan silabus kuliah, biasakan untuk selalu mencatat semua jadwal silabus di jurnal kalender berikut jadwal shift kerja kalian. Dengan begitu kalian bisa mengatur kapan kalian bisa belajar sendiri di rumah. Selalu tepati jadwal yang sudah kalian buat ini. Jangan ambil shift kerja jika itu akan memotong waktu belajar kalian, kecuali jika ada waktu kosong di lain hari untuk menggantikan waktu belajar yang hilang. Rutinitas belajar sesuai jadwal dapat meningkatkan konsentrasi belajar karena otak kita sudah diset untuk bersiap belajar di waktu yang sudah ditentukan tersebut.

Agar kalian termotivasi belajar, tentukan apa tujuan khusus kalian belajar seperti misalnya mendapat beasiswa ke luar negeri. Begitu juga pada saat bekerja, tentukan gol spesifik di pikiran apa yang ingin dicapai dengan bekerja. Dengan begitu, pikiran dan tubuh kalian akan siap dan lebih fokus mengerjakan dua kegiatan itu.

Menjaga kesehatan mental dan fisik
Bekerja dan kuliah adalah kegiatan yang melelahkan. Mengerjakan satu saja sudah capek, apalagi mengerjakan keduanya dalam waktu yang bersamaan. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, kalian harus tahu kapan harus beristirahat kapan harus melakukan aktivitas.

Olahraga dan makan makanan bergizi adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan. Setidaknya lakukan olahraga kardio selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Usahakan tidur malam selama 7-9 jam setiap hari. Jika bekerja full time dirasa berat bila dilakukan bersamaan dengan belajar, pertimbangkan untuk mengganti pekerjaan. Mungkin kalian bisa memulai bisnis online sehingga kalian tidak terikat tanggung jawab layaknya bekerja di perusahaan.

Advertisements