Tuesday, May 16, 2017

5 Poin Keren dari Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Yang Bisa Bikin Kamu Iri

Praktek siswa SMK jurusan otomotif  @youthmanual.com
Ngepostsaja.com - Banyak orang memandang alumni sekolah menengah kejuruan (SMK) sebelah mata. Sekolah yang dulu dikenal dengan STM atau Sekolah Teknologi Menengah ini memang terkenal sebagai sekolahnya anak-anak yang bandel dan tidak sehebat anak-anak SMA atau Sekolah Menengah Atas. Namun demikian faktanya tidaklah demikian saat ini.

SMK bukan lagi monopoli anak laki-laki. Banyak anak perempuan yang berminat menekuni jalur pendidikan di sekolah kejuruan ini. Karena jurusan yang ditawarkan sudah lebih banyak ragamnya. Dulu masuk sekolah kejuruan berarti belajar elektronika atau otomotif. Tetapi sekarang sudah ada jurusan manajemen, pemasaran, tataboga, sampai tata busana. Bahkan kejuruan pertukangan kayu dan teknologi pengolahan keramik juga ada. Salah satu jurusan favorit bagi siswa perempuan adalah multimedia. Biasanya di kelas multimedia, yang belajar soal perangkat digital dan desain kreatif, lebih banyak anak perempuan.

Apa sebenarnya manfaat yang didapat bila kamu sekolah di SMK? Sedikitnya ada 5 hal keren yang bisa dibawa pulang alumni sekolah kejuruan, berikut ini.

Bisa Langsung Kerja

Siswa sedang magang di pabrik mobil di Jawa Barat @merdeka.com
Jelas ini berbeda dengan sekolah umum biasa, tamatan siswa sekolah kejuruan bisa langsung bekerja tanpa harus kuliah terlebih dahulu. Karena mereka memiliki ketrampilan atau skill kerja yang diajarkan selama 3 tahun di sekolahnya. Seperti bekerja di bengkel otomotif, studio foto, salon kecantikan, butik bahkan juga menjadi programmer komputer.
   
Lebih Banyak Praktek Dibanding Teori
Dengan tujuan bisa segera bekerja setelah lulus maka kegiatan praktek di laboratorium atau bengkel lebih dominan dibanding teori di dalam kelas. Sehingga kebanyakan alumninya akan menjadi praktisi bidang tertentu.

Magang Diluar Sekolah 
Para siswa sekolah kejuruan akan menjalani kegiatan wajib berupa magang di sebuah perusahaan yang sesuai dengan kejuruan yang ditekuni. Siswa jurusan Teknologi Informatika kemungkinan akan magang ke perusahaan pembuat perangkat lunak. siswi jurusan tata boga bisa memilih magang di restoran atau hotel yang baik. Sehingga mereka dapat menambah wawasan tentang prospek keahlian yang mereka sukai. Anak SMA tentu tidak punya kegiatan magang seperti ini.

Bakat dan Ketrampilan Bisa Diuji 

Siswa jurusan tata boga di sebuah SMK Negeri di Jakarta @sadidadalila.com
Banyak siswa di sekolah kejuruan sebenarnya bukan tertarik pada pelajaran di sekolahnya. Tetapi mereka berharap bisa menyalurkan bakatnya. Sekaligus mengasah kemampuannya di sekolah kejuruan. Yang suka dan bakat memasak, bisa sekolah di jurusan tata boga, yang suka jualan, bisa memilih jurusan pemasaran. Ketika bakat siswa tersalurkan dan semakin terasah, dapat dibayangkan kelak tak akan sulit bagi alumni untuk diterima di dunia kerja.
   
Ilmu Lebih Fokus
Karena sejak awal sudah menentukan pilihan  jurusan tertentu, maka ilmu yang didapat pun lebih fokus daripada sekolan umum yang mengajarkan banyak hal. Sehingga mereka tidak perlu membuang-buang waktu mempelajari mater yang tidak ada kaitannya dengan minatnya.

Itulah 5 hal keren yang bisa kamu bawa pulang bila sekolah di kejuruan. Mungkin ada yang menambahkan hal lainnya, seperti prestasi yang membanggakan, sekolah yang lebih simpel dan sebagainya? Silahkan share ke situs ini.

Advertisements