Thursday, May 25, 2017

10 Manfaat Yang Anda Dapatkan Bila Berprofesi Sebagai Dosen

Orasi Pengukuhan Guru Besar di Universitas Airlangga, Surabaya @tribunnews.com
Ngepostsaja.com - Ketika mencari arti kata dosen di mesin pencari Google, salah satu batasan yang sederhana dikutipkan di Wikipedia. Jadi, dosen adalah sebutan profesi, yaitu pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Bagus juga artinya ya.

Karir sebagai dosen diminati banyak anak muda. Tetapi perlu dimaklumi bahwa profesi ini merupakan bidang pekerjaan khusus, yang membutuhkan beberapa syarat sebagai berikut:

Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme di bidang pendidikan, berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia, berkualifikasi akademik, kompetensi dan latar belakang pendidikan yang relevan, bertanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan, dan sehat secara jasmani dan rohani.

Namun demikian. motivasi setiap orang memilih karir menjadi dosen tentu berbeda-beda. Sebagian karena motif mencari pendapatan, sebagian lagi mengatakan sebagai pengabdian dan kesenangan. Perhatikan pernyataan seorang dosen, Yudi Wibisono tentang alasan dia menjadi dosen bidang teknologi informasi. Yudi sudah 14 tahun menjadi dosen hingga hari ini.

Pekerjaan menurut saya mirip seperti pasangan hidup. Setiap orang memiliki selera yang berbeda, dan harus ada trade off.  Agak lama juga ternyata untuk menemukan “selera” saya.  Saya termasuk orang yang sering gonta-ganti pekerjaan. Proyek pengembangan software pertama kali saya dapatkan saat SMA, berlanjut menjadi freelancer saat kuliah. Sempat jualan software, baik langsung maupun melalui internet.  Kemudian membuat perusahaan sendiri setelah lulus. Karena perusahaan tidak berkembang, beralih jadi karyawan.  Akhirnya menjadi dosen di tahun 2004 sampai dengan sekarang. Dari semua itu, menjadi dosen menurut saya merupakan  pekerjaan yang paling menyenangkan.
Dosen Bisa Terkenal Melalui Buku @Ngalam.co

Setidaknya ada 10 manfaat bila anda mau berkarir menjadi seorang dosen. Banyak kisah sukses dari seorang dosen, meskipun juga tidak sedikit yang mengeluh sepanjang hayatnya karena merasa tidak bisa 'hidup' sebagai dosen. Mari kita simak manfaat tersebut berikut ini:

1. Mendapatkan Gaji Pokok
Seorang dosen tetap, apalagi berstatus PNS akan menikmati gaji tetap setiap bulan sesuai jabatan fungsional dan kepangkatan akademisnya. Semakin tinggi jabatan fungsionalnya semakin besar pula gajinya. Jabatan tertinggi dikalangan dosen adalah menjadi seorang guru besar atau proffesor.

2. Mendapatkan Fasilitas Kampus
Sebagai seorang dosen tetap, maka ada beberapa fasilitas kampus yang dapat anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas seperti penelitian ataupun untuk keperluan pribadi anda. Fasilistas yang anda dapatkan mulai dari Uang sampai dengan fasilitas kendaraan mungkin saja di berikan kepada anda.

3. Kepangkatan Akademik
Bagi anda yang telah menjadi dosen tetap, jika kampus tempat anda mengajar tidak lepas tangan, maka anda akan lebih cepat mengurus kepangkatan akademik. Kepangkatan akademik ini sangat penting untuk karir seorang dosen dan memperoleh berbagai tunjangan dari pemerintah.

4. Sertifikasi Dosen
Sama halnya dengan kepangkatan akademik, seorang dosen tetap akan mendapatkan sertifikasi dosen yang lebih mudah. Kenapa? biasanya pihak universitas akan memprioritaskan dosen tetapnya untuk mengambil sertifikasi dosen agar kualitas dan image kampus lebih meningkat.

5. Honor Tambahan
Seorang dosen tetap akan mendapatkan honor tambahan dari berbagai lini, mulai dari penelitian internal di kampus sampai tunjangan dari pemerintah sesuai dengan kepangkatan akademik jika sudah mendapatkan sertifikasi dosen.

6. Dikenal Mahasiswa
Seorang dosen tetap cenderung lebih dikenal oleh mahasiswa daripada dosen honorer. Pergaulan yang luas dan mengenal berbagai latar belakang mahasiswa akan membuat seorang dosen berwawasan luas. Selain itu dosen juga dapat melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian atau pengabdian masyarakat.

7. Jumlah beban mengajar
Dosen tetap akan mendapatkan jumlah beban mengajar yang seimbang setiap semester, jadi anda tidak perlu khawatir kekurangan SKS mengajar jika anda menjadi seorang dosen tetap. Kampus akan memprioritaskan dosen tetap mendapatkan jam mengajar yang cukup dan standar.

8. Fleksibilitas waktu
Dosen honorer akan memiliki fleksibilitas waktu yang tidak dimiliki oleh dosen tetap, sebagai dosen honorer maka anda dapat menentukan waktu untuk pekerjaan diluar dan waktu mengajar.

Guru Besar dari Universitas Terbuka @ut.ac.id

9. Ekspansi Wawasan
Salah satu keuntungan menjadi dosen honorer adalah ekspansi wawasan dan menambah pengetahuan dalam menunjang berbagai hal seperti pekerjaan dan aktivitas lainnya.

10. Mengamalkan Ilmu
Pendidikan yang telah diperoleh setidaknya dapat membantu mengamalkan ilmu kepada peserta didik dan menjadikannya manusia yang berguna bagi bangsa dan negara. Manfaat menjadi dosen mungkin terbilang sedikit di bandingkan dengan pengorbanan yang diberikan. Namun apapun itu keuntungan menjadi seorang dosen secara tidak langsung juga cukup banyak jadi nikmati saja profesi mulia ini.

Advertisements