Sunday, May 8, 2016

Ternyata ini Cara Dosen Mengecek Tugas Kuliah yang Copy Paste dari Internet

Ngepostsaja.com – Tulisan Cara Dosen Mengecek Tugas Kuliah atau tulisan mahasiswa yang copy paste dari Internet ini ditulis karena pengalaman admin semasa berkuliah di salah satu Universitas di Indonesia, dimana tempat ini adalah surga bagi plagiat dan menariknya admin pernah melakukan tugas dengan sistem SKS (sistem kebut semalam) dan dapat Nilai A padahal copy paste 100% dari Internet tanpa edit. Menariknya lagi dosen saya itu adalah lulusan dari Luar Negeri tepatnya Australia, jadi bukan jaminan lulusan luar negeri punya kualitas baik. Lanjut dulu ke topik, Banyak sekali mahasiswa yang menggunakan sistem SKS, dengan sistem itu mahasiswa meng-copy paste tugas dari Internet dan parahnya mereka hanya mengedit format word nya saja dan dapat nilai A. Perlu anda ketahui sebagian mahaiswa mengerjakan skripsi atau thesis dengan cara copy paste dari Internet. Nah, untuk menjadi dosen atau guru dengan kualitas yang agak baik minimal anda harus tau cara mengecek tulisan yang copy paste dari Internet. Mau tau caranya? Kami ingin berbagi sedikit cara mengecek tugas yang plagiat. Silahkan dibaca penjelasan lengkap dibawah ini:
Sebenarnya banyak sekali tools atau website yang memberikan jasa gratis untuk mengecek tulisan yang copy paste dari Internet, namun kali ini ngepostsaja.com memilih website http://smallseotools.com/plagiarism-checker/ . Pertama, anda kunjungi website tersebut dan akan tampil sebagai berikut:
Lecturer, Sumber Foto: pixabay.com
Setelah itu, anda copy tulisan yang akan anda cek, masukan security code dan enter Check Plagiarism. Saya memberikan contoh dengan mengambil tulisan dari wikipedia dan lihat hasilnya 100% Plagiarized karena copy past langsung.

Cara mengecek tulisan yang diambil dari internet.
Sumber Gambar: ngepostsaja.com
Setelah di enter plagiarism akan muncul kalimat yang melanggar dan yang tidak, jika melanggar akan berwarna merah dan jika tidak akan berwarna hijau. 
Sumber Gambar: ngepostsaja.com
Perlu diperhatikan:
  1. Anda harus mengecek  jika hasil Unique dibawah 80%, namun jika diatas 80% berarti ada kemungkinan lolos plagiarism namun anda harus tetap mengecek karena ada kemungkinan mahasiswa ini sudah mengeditnya. Usahakan semua mahasiswa mempunyai Unique 100% dan tanpa tanda Plagiarized merah
  2. Cara mengeceknya gimana jika ada Plagiarized? enter saja tanda Plagiarized atau kalimat yang melanggar, anda akan dialihkan ke google dan website yang sudah memuat tulisan yang dicopy paste.
  3. Bagaimana jika tool ini sudah tidak berfungsi? Anda bisa cari di google banyak sekali dengan kata kunci “cara mengecek tulisan yang copy paste
Tips dan Saran:
  1. Pihak Universitas harus mengadakan pelatihan kepada dosen tentang plagiarism
  2. Universitas harus membuat atau membeli plagiarism tools PREMIUM yang bisa digunakan oleh dosen
  3. Dosen wajib banyak membaca buku sehingga tidak dibodohi oleh mahasiswa terutama buku yang sering digunakan sebagai referensi oleh mahasiswa.
  4. Universitas wajib membuat lembaga khusus anti plagiarism
  5. Skripsi lama wajib dibuat database atau aplikasi yang bisa diakses otomatis untuk mengecek skripsi baru.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk membasmi plagiater di dunia pendidikan.

Advertisements