Saturday, March 26, 2016

5 Hal Tentang Pendidikan Anak Dalam Islam

Menerapkan pendidikan anak dalam Islam memang tidak mudah. Namun pendidikan yang memiliki konsep langsung dari wahyu Tuhan ini menjadi solusi atas ketidaksempurnaan cara mendidik manusia. Selain sempurna, cara pendidikan Islam ini juga terbukti mampu melahirkan generasi muda berkualitas yang terbukti pada jamannya. Sehingga meski sulit dan banyak tantangan, namun banyak orang tua yang menggunakan cara pendidikan Islam untuk mendidik buah hatinya. Cara pendidikan anak dalam Islam memiliki 5 konsep sebagai berikut:
Sumber Gambar: pixabay.com
#1 Konsep Sukses Dalam Islam
Perkembangan zaman membuat beberapa orang yang tidak kuat iman, menjadi bersikap kapitalistik dan mementingkan diri sendiri. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi cara pandang seseorang pada kehidupan. Tidak terkecuali cara pandang orang tua mengenai kesuksesan. Selama ini sukses selalu dikaitkan dengan jumlah materi yang terukur. Seberapa banyak uang yang dihasilkan anak, seberapa banyak gelar yang telah dicapai anak, dan masih banyak lagi. Pandangan seperti ini harus diubah dengan kesuksesan shahih yang telah diajarkan Islam. Kesuksesan terbaik adalah kesuksesan abadi yang membawa anak menuju surga. Saat orang tua memiliki pandangan ini, maka cara pendidikannya otomatis akan berubah menjadi orientasi ketuhanan atau agama. Sehingga hasil akhirnya adalah kesuksesan yang memastikan anak menjadi penghuni surga.

#2 Memahami anak
Tidak hanya cara pendidikan Islam yang menuntut orang tua selalu memahami anak. Bahkan semua cara mendidik anak di dunia menuntut hal yang sama, bahwa orang tua harus selalu memahami anak. Memahami tidak berarti memaklumi. Saat orang tua memahami anak, orang tua tidak akan maklum jika anak berperilaku buruk yang tidak diajarkan Islam. Karena itu orang tua harus mengajarkan segala hal dengan mengerti karakter yang dimiliki masing-masing anak. Selain memahami anak, orang tua juga harus mengerti tahapan pendidikan anak. Kapan anak berada dalam tahap bermain, dalam masa menanamkan disiplin hingga masa kemitraan. Pendidikan anak dalam Islam memegang teguh tahapan ini sehingga pengajaran dapat diserap dengan tepat oleh anak.

#3 Metode pendidikan paling tepat
Landasan pendidikan anak dalam Islam membutuhkan metode pengajaran yang tepat sehingga anak dapat menerima apa yang disampaikan orang tua. Beberapa pemikir Islam sepakat bahwa metode pengajaran dalam Islam juga harus dilakukan secara Islami sesuai dengan wahyu Allah SWT. Sehingga nantinya anak menjadi sosok yang berkepribadian Islam yang siap terjun membawa manfaat untuk masyarakat dan agama. Metode pengajaran tersebut terdiri dari 5 yakni keteladanan, pembiasaan, memberi nasihat, melakukan kontrol serta adanya sistem reward dan punishment. Jika kelima metode tersebut dapat dipadukan dengan baik, pengajaran yang dilakukan orang tua akan memberikan hasil yang diinginkan yakni anak yang berkepribadian Islam.

#4 Apa yang diajarkan
Islam tidak hanya mengenai agama yang mengajarkan ibadah ritual. Lebih dari itu Islam adalah agama yang mengajarkan banyak hal mengenai kehidupan. Tugas orang tua adalah mengajarkan sebanyak-banyaknya mengenai Islam. Sehingga yang harus Anda ajarkan tidak hanya keimanan atau aqidah saja. Tapi orang tua juga harus mengajarkan akhlaq atau bagaimana cara berperilaku dalam Islam. Selain itu orang tua juga harus mengajarkan pemikiran Islam, pendidikan fisik, sosial kepribadian dan pendidikan seksual. Dengan luasnya ilmu Islam ini, tentu sangat tidak dimungkinkan bagi orang tua untuk mengajarkannya tanpa ilmu Islam yang mumpuni. Karena itu sangatlah penting bagi orang tua untuk selalu mencari tahu dan belajar mengenai ilmu-ilmu Islam. Nantinya ilmu ini tidak hanya menjadi asetnya melainkan juga diturunkan kepada buah hatinya.

#5 Target pendidikan
Tidak selamanya menentukan target pendidikan akan berdampak buruk
pada anak. Justru target pendidikan harus dibuat sehingga pengajaran yang dilakukan orang tua menjadi lebih fokus dan dapat diserap oleh anak. Sebagai muslim yang menerapkan cara pendidikan Islam, tentunya target pendidikan orang tua haruslah disesuaikan dengan pandangan Islam. Dalam Islam target pendidikan untuk anak haruslah membuat anak menjadi kuat aqidahnya, benar ibadahnya, kokoh akhlaqnya, mampu mencari nafkah, murni pemahaman Islamnya, kuat jasmani, mampu melawan hawa nafsu, mengerjakan urusannya dengan teratur, menjaga dan membagi waktu serta berguna untuk orang lain. Target pendidikan anak dalam Islam ini akan menjadi indikasi keberhasilan cara pengajaran Islami yang orang tua lakukan untuk anak.

Advertisements