Monday, March 28, 2016

5 Tips dan Cara Mengajar yang Efektif

Jika anda merupakan seorang guru maka anda harus mengetahui tips dan cara mengajar yang efektif. Banyak siswa yang malas belajar karena tidak tertarik dengan pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Anda harus mempelajari bagaimana cara untuk membuat siswa menjadi tertarik dengan pelajaran yang anda berikan. Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif maka anda harus melakukan banyak usaha untuk mewujudkan usaha tersebut. Guru harus bisa membuat siswa merasa nyaman dan terlibat aktif dalam proses mengajar ini. Banyak orang yang tidak terlalu mengerti konsep mengajar yang efektif ini. Seharusnya setiap sekolah baik formal maupun non formal memberikan pembelajaran kepada guru untuk mengajar dengan efektif dan menyenangkan. Berikut tips yang bisa digunakan untuk mengajar dengan efektif:

cara mengajar
Sumber Gambar: sdm4sby.com
1. Hal yang perlu dilakukan pertama untuk melakukan pembelajaran yang efektif dalam menyiapkan siswa agar siap belajar. Jika siswa masih berbicara, bermain atau tidak memperhatikan keberadaan gurunya maka itu artinya siswa belum siap belajar. Siswa yang belum siap belajar tidak akan mampu menerima pelajaran. Anda harus mempunyai cara tersendiri untuk membuat siswa siap menerima pelajaran. Anda harus memastikan bahwa pikiran siswa telah fokus untuk menerima pelajaran yang akan anda berikan. Jangan memulai pelajaran jika siswa masih belum fokus terhadap pelajaran yang akan anda berikan. Hal ini dikarenakan pelajaran yang anda berikan tidak akan masuk ke pikiran siswa tersebut.

2. Untuk membuat pembelajaran yang efektif, anda harus menguasai materi yang akan anda berikan. Biasanya waktu untuk mengajar ini kurang dari 2 jam. Anda sebaiknya tidak melihat buku untuk mengajar siswa anda. Selain dapat menganggu aktivitas belajar dan mengajar, hal ini juga dapat membuat anda tidak fokus. Anda bisa mencari berbagai referensi materi yang dibutuhkan untuk anda mengajar. Anda harus membawa buku tapi tidak anda baca saat mengajar. Anda bisa membawa buku untuk memberikan latihan soal kepada siswa anda. Banyak siswa merasa terganggu jika gurunya melihat buku secara terus menerus saat proses belajar mengajar ini.

3. Untuk bisa mengajar dengan efektif maka anda harus bisa menguasai kelas. Tidak jarang guru kewalahan untuk mengatur kelasnya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kemampuan belajar setiap siswa. Ini merupakan tugas anda untuk membuat semua siswa mengerti pelajaran yang anda berikan. Anda harus memahami karakteristik dari siswa yang anda berikan pelajaran. Jika anda memahami karakteristik dari setiap siswa yang anda ajar maka anda akan bisa menguasai kelas dengan baik. Siswa akan lebih fokus dan mengerti pelajaran yang anda berikan. Anda bisa mempelajari karakteristik siswa ini melalui trik khusus. Anda bisa melakukan sharing dengan siswa untuk mengetahui karakteristiknya.

4. Saat anda memulai pembelajaran maka anda harus mengutarakan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran ini sangat penting untuk dilakukan sehingga siswa tahu tujuan yang akan dicapai di pembelajaran yang anda berikan. Anda bisa membuat tujuan pembelajaran yang jelas sehingga siswa tidak bingung. Dari tujuan pembelajaran ini, anda bisa membuat siswa tahu hal-hal yang perlu mereka pahami. Banyak guru yang tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga membuat siswa bingung mengenai target pembelajaran yang ingin dicapai tersebut. Jangan terlalu banyak membuat tujuan pembelajaran. Anda harus menyesuaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai ini dengan menyesuaikan kemampuan siswa yang anda ajar.

5. Selanjutnya, anda harus membuat aturan yang harus diikuti oleh siswa yang anda ajar. Anda harus membuat aturan agar siswa disiplin dalam mengikuti proses belajar ini. Aturan ini bisa disesuaikan dengan cara anda mengajar sendiri. Anda bisa membuat aturan seperti tidak membolehkan siswa untuk keluar kelas saat pelajaran dimulai kecuali dengan alasan yang sangat mendesak. Membiarkan siswa untuk keluar masuk kelas saat proses mengajar dan belajar dimulai bisa membuat siswa tidak fokus. Untuk itu, anda harus bersikap tegas terhadap siswa yang melanggar peraturan yang dibuat oleh anda dan siswa saat proses belajar dan mengajar ini. Hal ini bisa menjadi tips dan cara mengajar efektif yang bisa anda ikuti.

Advertisements