Monday, March 14, 2016

Beasiswa 22 Juta Per Bulan, di Indonesia belum ada yang daftar..

Beasiswa kali ini merupakan salah satu beasiswa paling elit dan termudah di dunia, yaitu Beasiswa Erasmus Mundus Action 2 Impakt Project didanai langsung oleh Uni Eropa yang menawarkan kesempatan kepada Mahasiswa Indonesia S1, S2, S3, Dosen dan Staff. Namun minimnya informasi menyebabkan pendaftar dari Asia khususnya dari Indonesia masih sedikit. Kenapa sedikit? karena pendaftaran diperpanjang sampai dua kali, sebelumnya batas akhir pendaftaran 10 Januari 2016, langsung dibuka kembali sampai 6 Maret 2016, dan diperpanjang ulang sampai 31 Maret 2016 khusus beasiswa S3 (Doctorate Mobility) dengan uang bulanan (monthly allowance) sebesar 1.500 euros atau Rp. 21. 898. 500 dengan harga kurs BCA hari ini 14/03/2016, hampir 22 juta. Anda berminat? hehe baca terus artikel ini untuk panduan mudah mendaftar dalam 7 hari.
Sumber Gambar: pixabay.com
#Dokumen apa saja yang harus di siapkan untuk S3 (Doctorate Mobility) ?

Sebenarnya persyaratan dokumen yang harus anda persiapkan sangat mudah yaitu
1. Paspor bisa anda buat sekitar 4-7 hari di kantor imigrasi terdekat karena dokumen ini adalah bukti identitas anda,
2. Ijazah dan Transkrip S1, S2, dan Surat Keterangan Sedang Menempuh S3 dan transkrip sementara, untuk mendapatkan surat keterangan segera hubungi bagian administrasi di universitas anda. Dan jangan lupa translate semua dokumen ke dalam bahasa Inggris, anda bisa datang ke Institusi (sworn translators) / Penerjemah Tersumpah. Jika anda di Kota Malang, langsung datang saja ke Language Center Universitas Muhammadiyah Malang yang menyediakan layanan translate terpercaya dan murah.
3. Sertifikat Bahasa Inggris berdasarkan panduan beasiswa, ini hanyalah Optional tergantung program dan universitas yang dipilih.
4. Sertifikat Palatihan, Seminar, dan dokumen yang mendukung
5. CV format khusus untuk eropa, anda bisa download di google format Curriculum Vitae EuroPass
6. Surat Rekomendasi bisa anda minta kepada dosen, pembimbing, atau kepala jurusan yang ada di Institusi atau universitas anda di Indonesia
7. Research Plan, ini merupakan komponen utama anda bisa diterima, buat draft rencana penelitian anda selama 10 bulan yang akan anda lakukan di Universitas atau Negara tujuan. Setelah menulis draft, anda langsung email ke professor atau kantor program di universitas tujuan untuk menkosultasikan rencana research anda. Proses ini membutuhkan 3-10 hari jika anda beruntung, segera membuat dan berdoa. Biasanya anda mendapatkan pre-acceptance letter dari professor atau ketua program. Namun, jika anda tidak mendapatkan, tetap mendaftar karena diperbolehkan dan mempunyai kesempatan yang sama.

#Terus apa saja yang dibiayai?

Tenang saja semua kebutuhan anda dibiayai oleh Uni Eropa melalui kordinator Université de Rouen, France, dan beasiswa in terlengkap alias full scholarship:
1. Biaya Bulanan sebesar 1.500 euros atau  Rp. 21. 898. 500 dengan harga kurs BCA hari ini  14/03/2016, hampir 22 juta.
2. Biaya kuliah atau research mobility
3. Tiket Pesawat Pulang Pergi
4. Biaya Asuransi
5. Biasa Visa

dengan biaya sebesar itu anda juga bisa keliling Eropa ketika liburan.. hehe :)

NB: Biaya bulanan untuk level studi yang lain S1 dan S2 (1.000 euros), S3 (1.500 euros), Post-Doctorate (1.800 euros), dosen dan Staff (2.500 euros)

#Kalau Gitu, negara tujuan kemana saja?

Untuk Erasmus Mundus Impakt Project, anda bisa memilih 7 Negara Eropa dengan 8 Universitas terpilih:
1. Ghent University, Belgium
2. Université de Rouen, France
3. Leibniz Universität Hannover, Germany
4. Sapienza University of Roma, Italy
5. University of Szczecin, Poland
6. University of Porto, Portugal
7. University of Las Palmas de Gran Canaria, Spain
8. Universitat Rovira i Virgili, Spain

#Kapan pendaftaran terakhir?

Khusus S3 (Doctorate Mobility) dibuka sampai 31 Maret 2016. khusus S1, S2, Dosen dan Staff akan dibuka akhir tahun ini sekitar bulan oktober atau november 2016 dan berakhir pada tahun 2018, jadi anda harus rajin dateng ke website ngepostsaja.com. Setiap level studi biaya bulanan yang di dapat berbeda tapi tidak terpaut jauh, masih bisa jalan-jalan di Eropa.

#Baiklah, daftarnya kemana ya?

Anda tidak perlu kemana-mana untuk mendaftar karena semua pendaftaran melalui online, anda langsung daftar di http://www.impakt-asia.eu/ , buat akun sebelum mendaftar dan lakukan langkah-langkah yang ada disana, jika dokumen anda lengkap dan sudah discan, cukup 5-10 menit bisa selesai mendaftar. Usahakan anda cari wifi atau internet cepat untuk menghindari kegagalan upload yang berlulang.

Jika ada pertanyaan hubungi kami di contact form, atau langsung konsultasikan pertanyaan anda di website resmi Erasmus Mundus Action 2 Impakt Project

Advertisements