Sunday, March 27, 2016

7 Keuntungan Memiliki Bisnis Online

Saat ini ada banyak sekali bisnis online yang bermunculan. Di masa modern sekarang ini internet sudah menjadi salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Teknologi pun semakin berkembang dan hampir semua teknologi ini menggunakan internet sebagai salah satu bagian terpenting juga fondasi mereka. Smartphone atau telepon genggam merupakan salah satu contohnya. Smartphone yang selalu terhubung dengan internet dapat menjadi sasaran yang menguntungkan bagi bisnis online.
Sumber Gambar: pixabay.com
Bisnis online menggunakan internet sebagai fondasi terpenting dalam menjalankan bisnisnya. Masyarakat memiliki ketergantungan yang cukup besar pada internet. Hal ini dikarenakan internet mampu memberikan kemudahan-kemudahan mulai dari mencari berita, mengetahui perkiraan cuaca, hingga membeli barang ataupun jasa. Oleh karena itu, bisnis online menjadi suatu ladang yang menjanjikan dan menguntungkan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.
Anda tidak boleh melewatkan peluang bisnis online ini. Jika Anda masih merasa ragu dan tidak yakin untuk memulainya, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memiliki bisnis online.

#1 Hemat modal dan biaya
Bisnis online tidak memerlukan jumlah modal dan pembiayaan yang besar. Jadi, bagi Anda yang memiliki jumlah modal yang terbatas tidak perlu khawatir karena masih tetap dapat memulai bisnis. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya atau membayar tagihan yang berlebihan seperti biaya sewa toko. Memulai bisnis online tidaklah sulit, yang terpenting adalah niat dan tekad Anda dalam membangun dan menjalaninya.

#2 Waktu dan tempat bebas
Anda dapat menjalani bisnis online ini dengan sangat fleksibel. Anda tidak perlu lagi memusingkan soal kapan waktu membuka toko dan di mana akan membuka toko. Karena jika Anda memiliki bisnis online, toko yang Anda miliki akan selalu buka setiap hari selama 24 jam non-stop. Dan Anda pun dapat menjalankan bisnis ini di mana saja dan kapan saja dengan bebas. Dengan keuntungan ini, orang-orang yang melihat dan mengunjungi toko Anda akan semakin banyak dan bukan tidak mungkin di antara mereka akan menjadi pelanggan bisnis online Anda.

#3 Memiliki jangkauan yang luas
Dengan bisnis online, target konsumen atau pelanggan Anda tidak hanya akan sebatas pada area tertentu saja. Internet yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja menjadi kekuatan bisnis online. Sehingga bukan tidak mungkin jika bisnis online Anda berada di Jakarta, tapi pelanggan Anda akan berdatangan dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Dengan begitu, jangkauan pasar bisnis online Anda akan semakin luas dan tentunya keuntungan yang didapat pun semakin meningkat.

#4 Mudah berpromosi
Salah satu keuntungan bisnis online adalah kemudahan promosi. Anda tidak perlu terlalu bersusah payah untuk melakukan promosi. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan bisnis onlineAnda. Anda dapat melakukan promosi dengan mudah melalui semua sosial media yang ada seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path, dan sebagainya. Selain itu, target konsumen atau pelanggan untuk bisnis online Anda menjadi lebih tepat sasaran.

#5 Transaksi cepat dan mudah
Bisnis online memiliki keuntungan lainnya yaitu transaksi yang cepat dan mudah. Keuntungan ini tidak hanya dirasakan oleh pelanggan, akan tetapi juga penjual. Dengan memiliki proses transaksi yang cepat dan mudah, Anda tentunya dapat lebih mudah melayani banyak pelanggan sekaligus. Dan tentu saja, keuntungan yang masuk ke pundi-pundi Anda juga menjadi semakin cepat.

#6 Tidak perlu punya banyak karyawan
Bisnis online tidak memerlukan banyak karyawan. Namun, hal ini tentu saja bergantung pada seberapa besar bisnis online yang Anda jalani. Jika bisnis yang Anda jalankan masih dalam skala kecil, maka Anda dapat menjalankan semuanya sendirian. Jika Anda menjalankan bisnis yang sedikit lebih besar mungkin Anda memerlukan dua hingga tiga karyawan untuk membantu. Dengan begitu,bisnis online Anda akan tetap berjalan lancar meskipun ramai dikunjungi oleh para pelanggan.

#7 Menjadi boss yang memimpin dan mengatur usaha
Dengan memiliki bisnis online, Anda akan menjadi boss yang memimpin dan mengatur jalannya usaha. Hal ini tentunya memberikan suatu rasa kebanggaan tersendiri karena Anda mampu membangun dan menjalankan bisnis online sendiri. Anda juga mampu menghasilkan pendapatan sendiri dari bisnis online.

Advertisements