Saturday, March 26, 2016

5 Rahasia Cara Promosi Bisnis Online Paling Ampuh

Mencari cara terbaik promosi bisnis online adalah keharusan bagi seorang pebisnis. Cara promosi tertentu dapat memberikan efek yang cukup besar untuk bisnis online yang Anda jalankan. Tidak hanya mengenai populeritas bisnis Anda tapi juga mengenai peningkatan penjualan produk bisnis. Hal ini menyebabkan banyak pebisnis online yang mencari cara promosi terbaik untuk kelangsungan bisnisnya. Meski promosi ini dapat Anda lakukan dengan mudah, namun banyak tantangan yang harus Anda hadapi. Bisa jadi promosi yang Anda lakukan besar-besaran justru tidak memberikan pengaruh signifikan untuk bisnis Anda. Berikut ini 5 cara promosi online untuk bisnis Anda:
Sumber Gambar: pixabay.com
#1 Manfaatkan media sosial
Penggunaan media sosial tidak hanya terbatas untuk mendukung eksistensi seseorang. Jika Anda termasuk seseorang yang memanfaatkan media sosial untuk keperluan eksistensi, tambahkan menjadi alat promosi. Lakukan promosi besar-besaran mengenai keberadaan toko online yang Anda miliki. Selain melalui update harian, Anda juga dapat membuat fanpage atau grup untuk menginformasikan mengenai produk atau toko online Anda. Selama ini pengguna media sosial jumlahnya sangat banyak hampir separuh manusia di dunia. Dengan jumlah pengguna yang sedemikian besar, tentunya promosi yang Anda lakukan akan semakin berpotensi mendatangkan kunjungan untuk website atau toko online Anda. Setelah jumlah kunjungan meningkat, tugas Anda adalah memastikan setiap pengunjung membeli produk Anda.

#2 Menggunakan mobile marketing
Selain memanfaatkan media sosial, Anda juga dapat memanfaatkan promosi melalui perangkat mobile. Tidak hanya menggunakan android, tapi juga blackberry hingga iPhone. Tujuan dari dilakukannya promosi melalui perangkat mobile ini adalah membangun loyalitas pelangan. Saat promosi dilakukan melalui perangkat mobile, pelanggan dapat dengan mudah dan cepat melakukan order. Anda sebagai pihak yang menawarkan produk juga dapat merespon lebih cepat selama order dikirim oleh pelanggan. Hal ini akan memastikan pelayanan yang diberikan dapat dilakukan dengan cepat. Pelanggan juga tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan barang pesanannya. Promosi bisnis online dengan memanfaatkan perangkat mobile ini  tidak dibuat kecewa dan siap melakukan order kembali.

#3 Tergabung dengan direktori bisnis
Perkembangan teknologi menyebabkan dunia tidak lagi mengenal batas wilayah. Anda bisa berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan siapapun dan di manapun. Tidak hanya bertukar pikiran, namun Anda juga bisa melakukan promosi mengenai keberadaan website pada direktori bisnis ini. Selama ini banyak pemilik direktori bisnis yang mengajak sekaligus menjalin mitra dengan mereka yang jauh tertinggal terjun ke bisnis online. Anda dapat bergabung di dalamnya untuk menambah pengalaman melakukan bisnis. Selain itu Anda juga bisa mencari teman untuk bekerjasama dan memulai usaha. Semakin banyak orang yang Anda kenal di direktori bisnis ini, maka peluang Anda mendapatkan investor untuk bisnis Anda juga semakin besar. Lebih dari jangkauan pemasaran produk Anda juga akan semakin luas.

#4 Dukung dengan video
Promosi yang didukung dengan video dianggap cukup efektif dalam memberikan dampak pada penjualan produk. Selama ini banyak pemilik bisnis online melakukan hal yang serupa untuk memperbaiki ranking websitenya menjadi posisi awal pada halaman pertama hasil pencari mesin pencari online. Cara membuat promosi yang menggunakan video sangat mudah. Anda hanya perlu membuat video yang menggambarkan keunggulan produk dalam website Anda. Nantinya video promosi tersebut harus diunggak ke youtube. Selain youtube, Anda juga bisa mengunggah video promosi ke media sosial. Selama ini youtube dikenal sebagai kanal promosi yang sangat efektif dan strategis. Tidak hanya popularitas produk yag bertambah. Namun dengan mengunggah video promosi ke youtube juga dapat meningkatkan penjualan produk.

#5 Manfaatkan fasilitas ads
Tidak hanya media sosial atau youtube yang dapat Anda manfaatkan untuk kepentingan promosi. Salah satu fasilitas online yang banyak dimanfaatkan untuk sarana promosi adalah Ads. Selama ini banyak fasilitas Ads yang disediakan oleh semua media sosial. Diantaranya facebook ads. Selain facebook ads, fasilitas online yang banyak digunakan sebagai sarana promosi adalah google adword. Dengan membuat promosi melalui google adword, peluang bisnis Anda dikenal semakin besar. Sama halnya dengan media sosial, pengguna google sudah tidak terhitung jumlahnya di dunia. Bahkan hampir dipastikan semua orang di dunia menggunakan google untuk kepentingan pencarian online. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai ajang promosi bisnis online yang efektif untuk bisnis online milik Anda.

Advertisements